Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"No Deal" Brexit Ancam Kinerja Manufaktur Inggris

Melansir Reuters pada Senin (14/12/2020), pelaku industri memeringatkan akan potensi terpukulnya sektor manufaktur jika kesepakatan tidak segera dibuat sebelum pengaturan transisi sementara berakhir pada 31 Desember.

Make UK, badan perdagangan untuk pabrikan Inggris, mengatakan telah memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk sektor tersebut pada 2021 menjadi 2,7 persen.

Hanya setengah dari proyeksi pertumbuhan yang disasar industri dalam ekonomi secara keseluruhan.

Padahal tiga bulan lalu industri masih berharap bisa tumbuh 5,1 persen.

“Dikombinasikan dengan pandemi, banyak orang di industri merasa seperti petinju yang kelelahan di babak final pertarungan. Tambahan kemungkinan tidak tercapainya kesepakatan dengan UE berpotensi memberikan pukulan berat knockout (kepada industri),” kata kepala eksekutif Make UK Stephen Phipson.

Data resmi pekan lalu menunjukkan bahwa produksi pabrik Inggris pada Oktober adalah 7,1 persen di bawah tingkat capaian tahun sebelumnya.

Pabrikan Inggris akan menghadapi tarif pada banyak ekspor mereka ke Eropa mulai 1 Januari tanpa kesepakatan perdagangan, serta tambahan hambatan dari peraturan.

Impor telah terganggu karena tingginya volume lalu lintas di pelabuhan dengan adanya penimbunan akibat Covid-19 dan Brexit.

Kondisi itu mendorong produsen mobil Honda untuk menghentikan sementara operasi pekan lalu karena kekurangan suku cadang.

Make UK mengatakan para anggotanya memperkirakan produksi akan stagnan atau turun sedikit selama kuartal pertama mendatang.

Namun kondisinya masih lebih baik daripada rekor penurunan yang terlihat di kuartal sebelumnya karena pandemi. Meski secara keseluruhan gambarannya masih semu.

"Ini akan menjadi perjalanan yang panjang, dengan pembicaraan tentang pemulihan berbentuk 'V' tidak lebih dari fantastis," kata Phipson.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/14/114527970/no-deal-brexit-ancam-kinerja-manufaktur-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke