Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terjadi Lagi, dalam Seminggu 2 Gadis Kasta Rendah Tewas Diperkosa di India

Seorang gadis dari kasta Dalit tewas usai diperkosa bergilir menurut keterangan polisi, beberapa hari setelah kematian seorang remaja dari kasta yang sama di tangan sekelompok pria.

Gadis 22 tahun yang menjadi korban terbaru ini diduga diperkosa 2 pria pada Selasa (29/9/2020) dan meninggal saat dibawa ke rumah sakit, kata polisi di negara bagian Uttar Pradesh.

Kasus-kasus terbaru ini muncul beberapa bulan setelah 4 pria digantung karena pemerkosaan geng pada 2012, dan pembunuhan seorang pelajar di bus di Delhi.

Polisi mengatakan, 2 pria dalam kasus terbaru ini telah ditangkap atas tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan beramai-ramai, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang identitas mereka.

Diberitakan AFP, investigasi sedang berlangsung dan para tersangka dapat diadili di pengadilan jalur cepat khusus.

"Seorang tukang becak membawanya pulang. (Dia) ditaruh di depan rumah kami. Anak saya hampir tidak bisa berdiri atau berbicara," lapor saluran berita NDTV mengutip ucapan ibunya.


Insiden itu terjadi di distrik Balrampur negara bagian Uttar Pradesh, sekitar 500 kilometer (km) dari tempat gadis Dalit lainnya diduga diperkosa beramai-ramai pada pertengahan September oleh 4 pria kasta atas.

Gadis 19 tahun itu lumpuh karena luka-lukanya, dan sempat dilarikan ke rumah sakit di New Delhi yang 200 km jauhnya, tapi mengembuskan napas terakhir pada Selasa (29/9/2020).

Kematiannya memicu protes di Delhi dan kota-kota Uttar Pradesh.

Sebanyak 200 juta orang kasta Dalit India sudah lama menghadapi diskriminasi dan pelecehan, dan para aktivis mengatakan serangan terus meningkat selama pandemi virus corona.

Rata-rata 87 kasus pemerkosaan dilaporkan setiap hari tahun lalu, menurut data terbaru yang dirilis Biro Catatan Kejahatan Nasional pada Selasa pekan ini, tetapi diperkirakan masih banyak kasus yang tidak dilaporkan.

Biro tersebut juga melaporkan peningkatan lebih dari 7 persen dalam jumlah kejahatan terhadap perempuan pada 2019 dibandingkan tahun sebelumnya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/01/142917670/terjadi-lagi-dalam-seminggu-2-gadis-kasta-rendah-tewas-diperkosa-di-india

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke