Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Riset: Antibodi Pasien Sembuh SARS Sukses Cegah Infeksi Covid-19

Temuan ini muncul dalam eksperimen di lingkup laboratorium, kata para peneliti pada Senin (18/5/2020) yang dikutip AFP, dalam rangka mencari terobosan lain untuk mengobati virus corona.

Para ilmuwan yang berbasis di Swiss dan Amerika Serikat (AS) ini sebelumnya mengisolasi antibodi dari pasien sembuh SARS pada 2003, wabah yang menewaskan 774 orang.

Mereka bereksperimen dengan 25 jenis antibodi yang berbeda - yang menargetkan lonjakan protein spesifik pada virus - untuk melihat apakah antibodi-antibodi itu dapat mencegah sel terinfeksi Covid-19.

Baik SARS maupun patogen yang menyebabkan Covid-19 adalah sama-sama virus corona yang diduga berasal dari hewan, sehingga strukturnya serupa.

Para peneliti mengidentifikasi ada 8 antibodi yang dapat mengikat Covid-19 dengan sel yang terinfeksi.


Satu kandidat yang dinamakan S309, terbukti memiliki "aktivitas netralisasi yang sangat kuat" terhadap Covid-19.

Dengan menggabungkan S309 dengan antibodi lain yang kurang kuat, mereka dapat menargetkan situs yang berbeda pada lonjakan protein virus, sehingga mengurangi potensinya untuk bermutasi.

Sudah ada ratusan percobaan untuk pengobatan Covid-19 yang dilakukan, termasuk yang meibatkan penggunaan antibodi dari pasien yang pulih.

Akan tetapi dalam eksperimen antibodi SARS ini, belum ada uji coba yang dilakukan antarmanusia.

Dalam jurnal Nature, penulisnya mengatakan bahwa temuan mereka mewakili "bukti konsep" antibodi dari SARS dapat mencegah infeksi Covid-19 semakin parah dan menyebar.

"Hasil ini membuka jalan untuk menggunakan antibodi yang mengandung S309 untuk profilaksis pada individu yang berisiko tinggi terpapar, atau sebagai terapi pasca-penyembuhan untuk membatasi atau mengobati penyakit parah," terang para peneliti.

https://www.kompas.com/global/read/2020/05/19/085751170/riset-antibodi-pasien-sembuh-sars-sukses-cegah-infeksi-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke