Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapten Kapal Induk Theodore Roosevelt yang Dicopot AS Positif Covid-19

Kepastian infeksi Komandan Brett Crozier dikabarkan oleh New York Times, beberapa jam setelah pencopotannya diumumkan Menteri Pertahanan Mark Esper.

Kepada ABC, Esper mengatakan Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly membuat "keputusan yang sulit" mencopot Crozier sebagai kapten kapal induk Theodore Roosevelt.

Dilansir AFP Minggu (5/4/2020), Esper langsung mengelak apakah pemecatan Crozier terjadi atas permintaan dari Presiden Donald Trump.

"Ini adalah keputusan dari sekretaris. Dia datang dan langsung memberikan saya pemaparannya. Ini keputusannya. Saya hanya mendukung," kilahnya.

Pencopotan itu memantik kecaman karena dianggap tidak adil. Sebabnya, Crozier merupakan perwira terhormat yang hanya memikirkan solusi terbaik bagi awaknya.

Dalam suratnya bertanggal 30 Maret, Crozier merekomendasikan agar awak kapal yang tengah berlabuh di Guam itu sebagian besar dikarantina.

"Kami tidak berada dalam keadaan perang. Para pelaut ini tidak perlu mati seperti ini," tulis Crozier dalam suratnya kepada Washington.

Dia mengatakan bahwa aksi cepat harus dilakukan, yakni mengeluarkan mayoritas awak dari kapal Theodore Roosevelt, dan mengarantina mereka selama dua pekan.

Tidak dijelaskan berapa banyak kru yang terpapar. Berdasarkan pemberitaan San Francisco Chronicle, ada 100 awak kapal induk yang terinfeksi.

Tetapi, para pejabat Pentago menganggap komandan kapal kelas Nimitz itu sudah bertindak keterlaluan karena membiarkan suratnya diketahui publik.

Modly menyatakan, Crozier sudah menunjukkan kepemimpinan buruk di tengah wabah Covid-19, membuat keluarga kru khawatir dan merusak rantai komando.

Dalam konferensi pers Sabtu (4/4/2020), Trump mendukung pelengseran Crozier, menyatakan tak seharusnya dia mengucapkan seperti itu dalam suratnya.

The Times melaporkan kepastian tersebut setelah mengutip dua mantan teman sekelas sang komandan saat masih di Akademi Angkatan Laut.

Dalam pemberitaan tersebut, Crozier disebutkan mengalami gejala virus corona sebelum meninggalkan kapal pada Kamis (2/4/2020).

Dalam video yang beredar, nampak ratusan pelaut mengelu-elukan komandan mereka, dengan ada yang menyebutnya sebagai pahlawan.

Kritikan pun datang dari kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, yang mencetuskan keputusan itu "adalah perilaku kriminal".

"Saya kira dia (Crozier) seharusnya mendapat teguran dari pada pencopotan," terang mantan Wakil Presiden AS dalam wawancara dengan ABC.

Petinggi Demokrat yang menempati posisi Komite Angkatan Bersenjata DPR AS menyatakan, Crozier memang tak sempurna. Tapi pemecatannya dirasa berlebihan.

https://www.kompas.com/global/read/2020/04/06/152314370/kapten-kapal-induk-theodore-roosevelt-yang-dicopot-as-positif-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke