Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Resep Soto Ayam Lamongan yang Sedap, Menu Buka Puasa Spesial

Kompas.com - 21/03/2024, 12:37 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Soto ayam adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang populer dan memiliki beragam variasi di setiap daerah. Salah satunya soto ayam lamongan.

Ciri khas dari hidangan soto ayam lamongan ini ada pada kuah kaldu ayam yang gurih dan penggunaan koya. Dalam kumpulan resep soto ayam ini, kamu bisa mempraktikkan soto lamongan dengan takaran bahan dan cara membuat yang sudah teruji.

1. Resep soto ayam lamongan, bubuk koya

Soto Lamongan dikenal dengan taburan 'bubuk koya' dan kuah kuningnya yang dihasilkan dari kunyit yang dihaludkan. Kamu dapat dengan mudah membuat Soto Ayam Lamongan di rumah menggunakan bumbu dari rempah yang tersedia di penjual sayur.

Baca juga: Resep Soto Ayam Lamongan, Bubuk Koya Kuncinya

2. Cara membuat soto ayam lamongan kuah bening

Ada cara membuat bumbu kuah Soto Lamongan yang lezat dan nikmat dengan menambahkan campuran ikan bandeng atau udang ke dalam kuahnya. Setelah itu, masak dengan tambahan bumbu lainnya untuk mendapatkan rasa yang lezat.

Baca juga: Resep Soto Ayam Lamongan, Bubuk Koya Kuncinya

3. Resep soto ayam lamongan jawa timur

Cara masak soto lamongan yang satu ini menggunakan kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, dan kunyit sebagai bumbu halusnya.

Baca juga: Resep Soto Ayam Lamongan Jawa Timur, Kuahnya Gurih dan Sedap

Ilustrasi soto ayam lamongan. DOK.SHUTTERSTOCK/Aris Setya Ilustrasi soto ayam lamongan.

4. Resep soto ayam lamongan

Soto ayam dijelaskan sebagai makanan yang kaya rempah, yang menghasilkan aroma dan rasa yang dalam. Rempah seperti kunyit, adas, kayu manis, serai, dan daun jeruk bercampur dalam kuah kuning soto ayam.

Baca juga: Resep Soto Ayam Lamongan, Sup Terenak Dunia 2024 Versi CNN

5. Resep soto lamongan simpel

Soto Lamongan adalah hidangan berkuah hangat yang berasal dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, biasanya disajikan dengan soun, taburan koya, daging ayam, dan telur rebus.

Anda tidak perlu pergi jauh ke Jawa Timur untuk menikmati seporsi Soto Lamongan, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga: Resep Soto Lamongan Simpel, Kuahnya Gurih

6. Resep soto lamongan sambal dan jeruk nipis

Salah satu jenis Soto Lamongan khas Lamongan, Jawa Timur, disajikan dengan daging ayam, suun, telur rebus, kol putih, sambal cabai rebus, dan jeruk nipis. Soto

Lamongan ini dibuat dengan bumbu dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, kunyit, cengkih, lengkuas, jahe, dan garam.

Baca juga: Resep Soto Lamongan, Hidangan Berkuah Kuning dan Pakai Koya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com