Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2023, 18:06 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oat instan dan rolled oat, keduanya adalah olahan gandum utuh yang diproses dengan cara yang berbeda sehingga menghasilkan tekstur yang berbeda.

Keduanya umum dikonsumsi sebagai sarapan dan semakin mudah ditemui di pasar modern Indonesia. 

Secara nutrisi, oat instant dan rolled oat memiliki kandungan yang sama. Keduanya merupakan sumber serat yang baik, serta mengandung protein, vitamin, dan mineral.

Berikut rangkuman penjelasan mengenai rolled oat, oat instan dan steel-cut oat yang perlu kamu ketahui, dari laman The Kitchn dan Healthline.

Baca juga:

Oat instan

Oat instan disebut sebagai oat cepat saji, yang telah dimasak sebelumnya, serta dikeringkan, lalu digulung dan ditekan sedikit lebih tipis daripada rolled oat.

Durasi masak oat instan lebih cepat daripada rolled oat, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Sehingga out ini sering menjadi pilihan untuk membuat sarapan dalam waktu yang lebih cepat.

Oat instan memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur yang lebih lembut daripada rolled oat. Sebab, oat instan telah mengalami proses masak sepenuhnya sebelum dikeringkan, digiling, dan dikemas.

Rolled oat

Rolled oat dikenal sebagai oat utuh, yang memiliki bentuk seperti cakram datar, bulat tidak beraturan, dan sedikit bertekstur.

Oat ini memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur yang lebih lembut serta membutuhkan waktu masak yang sedikit lebih lama, bila dibandingkan steel-cut oat.

Oat ini terbuat dari biji oat utuh yang telah dikukus menjadi lunak dan dipipihkan. Proses ini membuat rolled oat menjadi lebih lembut dan mudah matang.

Rolled out menyerap lebih banyak cairan, dan tetap mempertahankan bentuknya dengan baik saat dimasak.

Selain untuk membuat bubur sarapan, rolled oat umumnya digunakan dalam pembuatan granola, kue, muffin, dan makanan panggang lainnya.

Steel-cut oat

Ilustrasi steel cut oat. Dok. Shutterstock/Brent Hofacker Ilustrasi steel cut oat.

Steel-cut oat disebut sebagai oat asal Irlandia atau Skotlandia. Oat ini membutuhkan waktu paling lama untuk dimasak, dan memiliki tekstur kenyal. Steel-cut oat tetap mempertahankan bentuknya bahkan setelah dimasak.

Selain digunakan untuk bubur, oat ini juga digunakan untuk membuat daging cincang dan bubur gurih atau untuk menambah tekstur pada isian.

Rolled oat atau oat instan tidak bisa menjadi pengganti yang baik untuk steel-cut oat.

Steel-cut oat memiliki tekstur yang lebih kasar, lebih kenyal, dan rasa yang lebih pedas daripada rolled oat atau oat instan.

Hal ini juga yang membuat durasi steel-cut oat lebih lama, berkisar antara 15 hingga 30 menit.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com