Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.409 Gelas Teh Tarik Tersaji di Batam Pecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 02/10/2023, 16:29 WIB
Hadi Maulana,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) kembali berhasil memecahkan rekor pada Musium Rekor Indonesia (MURI) yakni penyajian 2.409 gelas teh tarik pada Sabtu (30/9/2023).

Sebelumnya BI Kepri memecahkan rekor MURI dalam bentuk sambal bilis terbanyak dan luti gendang berbentuk dapur arang terbanyak.

Kepala BI Kepri Suryono mengatakan, angka 2.409 ini diambilnya berdasarkan hari jadi Pemerintah Provinsi Kepri yang jatuh pada 24 September.

“Jumlah ini terbanyak se-Asean,” kata Suryono, Sabtu (30/9/2023).

Baca juga:

Suryono mengaku, pemecahan rekor MURI ini dilakukan sebagai bentuk upaya Bank Indonesia Kepri untuk bisa mengharumkan nama daerah sekaligus mengenalkan ragam budaya hingga kuliner asli Kepri di kancah domestik maupun Internasional.

“Pemecahan rekor MURI ini bekerja sama dengan Kedai Teh Tarek Raja yang merupakan UMKM lokal Kepri,” ungkap Suryono.

Suryono menyebutkan teh tarik sudah dikenal secara luas, tidak hanya di Kepri tapi juga di Malaysia dan Thailand, bahkan Singapura juga banyak banyak suka.

“Teh tarik juga diabadikan sebagai tagline BI Kepri, kami ada podcast namanya Teh Tarek, jadi itu diskusi yang membahas terkait perekonomian Kepri,” terang Suryono.

Untuk membuat sajian teh tarik ribuan gelas ini, Suryono mengungkapkan, panitia menyiapkan 32 galon air mineral, susu murni 85 kaleng berukuran satu kilogram, dan teh racikan seberat 10 kilogram.

“Jadi pemecahan rekor MURI ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar Melayu Pesisir (GMP) yang di dalamnya ada kegiatan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT)," jelas Suryono.  

Baca juga:

Acara ini juga menjadi penutupan PORBank (Pekan Olahraga Perbankan) yang diselenggarakan di seluruh Kepulauan Riau. 

Pemecahan rekor MURI ini juga merupakan kerjasama dengan Pemprov Kepri.

“Kami dari Pemprov Kepri sangat bangga sekali, sebab teh tarik ini salah satu khazanah kuliner di Kepri yang sehari-hari dikonsumsi masyarakat Kepri," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepri Aries Fhariandi.

"Mudah-mudahan dengan rekor MURI ini, teh tarik bisa mendunia,” jelasnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com