Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Kue Mangkok Tape Mengembang Sempurna, Pakai Tape Segar

Kompas.com - 24/01/2023, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Walau terlihat sama, kue mangkok dan bolu kukus memiliki bahan dasar yang berbeda. Kue mangkok terbuat dari bahan dasar tepung beras sementara bolu kukus dari tepung terigu.

Namun, ada beberapa kreasi resep kue mangkok yang juga menggunakan tape singkong. Jika, kamu ingin mencoba resep kue mangkok tape.

Simak dulu tips simpel membuatnya berikut ini.

Baca juga:

1. Pakai tape yang segar

Dilansir dari buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Gunakan tape segar yang lembek.

Hindari menggunakan tape yang sudah difermentasi dalam waktu lama karena bisa membuat kue gagal mengembang.

2. Tuang adonan hingga memenuhi cetakan

Siapkan cetakan kue mangkok, setelah itu tuang adonan hingga memenuhi cetakan kue. Hal ini untuk membuat adonan mengembang dengan sempurna.

3. Gunakan cetakan kue mangkok yang benar

Dikutip dari buku “Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar” (2013) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kamu bisa menggunakan cetakan dari porselen atau cucing.

Hal itu karena cetakan porselen bisa menghantarkan panas dengan mudah.

4. Panaskan cetakan

Kamu bisa memanaskan cetakan kue mangkok dari porselen selama 10 menit agar adonan kue mangkok bisa mengembang sempurna.

Buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku “Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar” (2013) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com