Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Es Potong Kacang Hijau, Jajan Jadul yang Sehat

Kompas.com - 25/11/2022, 15:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Es kacang hijau merupakan salah satu jajanan jadul yang keberadaannya saat ini sudah jarang ditemui di pasaran.

Rasa es kacang hijau yang manis dapat disajikan bersama cokelat leleh sebagai bahan pelapis. Jajanan ini cocok jadi camilan saat cuaca panas, bahkan kamu juga bisa menjadikan ini sebagai ide jualan yang enak dan praktis.

Es kacang hijau pada dasarnya ialah sajian bubur kacang hijau yang dibekukan. Cara penyajiannya dipotong memanjang dan ditusuk menggunakan tusuk sate.

Apabila kamu ingin mencoba membuat es potong kacang hijau di rumah, resepnya bisa dilihat dari laman instagram @My.Foodplace berikut.

Baca juga:

Resep es potong kacang hijau

Bahan es potong kacang hijau

  • 100 gram kacang hijau
  • 500 mililiter air bersih
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 200 mililiter santan
  • 2 sendok makan tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)
  • 70 gram cokelat batang
  • 80 mililiter minyak

Baca juga:

Cara membuat es potong kacang hijau:

1. Masukkan kacang hijau ke dalam panci lalu tambahkan air, gula, garam, dan daun pandan. Aduk sebentar dan masak hingga kuah rebusan kacang hijau berubah jadi warna coklat.

2. Tuang santan lalu aduk hingga tercampur rata, kemudian tambahkan larutan maizena dan aduk kembali hingga rata.

3. Tuang kacang hijau ke dalam loyang yang sudah dilapisi plastik, kemudian biarkan dingin dan keras di dalam kulkas. Sisihkan.

4. Lelehkan cokelat batang dengan sedikit minyak goreng di dalam panci, kemudian sisihkan.

5. Potong es kacang hijau bentuk memanjang, lalu tusuk menggunakan tusuk sate. Celup es kacang hijau ke dalam lelehan cokelat dan sajikan. 

@my.foodplace Flashback sedikit yuk dengan jajanan zaman dulu.. Siapa nih yang masih ingat dengan es kul-kul? Ternyata kacang hijau dibikin es kul-kul enak banget lho! ???? Bisa banget buat ide jualan juga.. Yuk, simak resep berikut ini! Resep Es kul-kul kacang hijau 100 gram Kacang hijau 500 ml Air 3 sdm Gula 1 sdt Garam 2 lembar Daun pandan 200 ml Santan 2 sdm Tepung maizena 70 gram cokelat 80 ml minyak Jangan lupa follow @my.foodplace dan baca resep selengkapnya klik link yang ada di bio, ya! #resepsimple #foodplace #kompascom #eskulkul #kacanghijau #serunyabelajar ? fashion show(256764) - TimTaj
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com