Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Produsen Keju Lokal dari Bali

Kompas.com - 15/11/2022, 08:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Keju, produk pangan berbahan susu populer di Indonesia. Proses pembuatan keju melibatkan bakteri dan enzim. Jenis susu yang biasa diolah menjadi keju di antaranya seperti susu sapi, domba, maupun kambing.

Keju yang beredar di pasaran saat ini tidak hanya didominasi oleh keju impor, sebagian masyarakat daerah pun juga memproduksi keju dengan mengandalkan sumber daya lokal yang berkualitas.

Ada salah satu produsen keju premium yang memproduksi keju dari susu sapi dan kambing lokal, namanya Rosalie Cheese.

Kompas.com berkesempatan berbincang langsung dengan pemilik sekaligus pengelola Rosalie Cheese Ayu Linggih.

Baca juga:

Produksi keju premium lokal 

Ayu menceritakan produksi keju lokal Rosalie Cheese sudah beroperasi sejak 2017 di Bali. Selama proses pembuatan keju Ayu bekerja sama dengan para peternak sapi dan kambing lokal di daerah Banyuwangi dan Bali.

Berbeda dari produk keju pada umumnya, keju lokal yang diproduksi di Rosalie tidak hanya mengandalkan susu sapi dan kambing semata, tetapi juga melibatkan bahan bahan lokal khas Indonesia sebagai pembeda.

"Kayak coconut ash, itu yang menjadi pembeda kita. Selain itu kita juga memperkenalkan makan keju khas Indonesia kepada konsumen," kata Ayu saat ditemui oleh Kompas.com saat acara Sial Interfood 2022 di Jakarta Internasional Expo pada Sabtu (12/11/2022).

Menurut Ayu, budaya makan keju di Indonesia umumnya identik dengan budaya makan keju dari barat, seperti dicampur bersama sandwich atau di campur bersama wine.

Oleh karena itu Ayu mencoba menghadirkan keju lokal sekaligus cara makan keju yang sejalan dengan hasil pangan lokal.

Inovasi keju dengan pelibatan bahan dan cara makan yang identik dengan budaya Indonesia ini kemudian menjadikan Rosalie Cheese sebagai pemenang Indonesia Food Innovation 2020 dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Baca juga:

Keju Black and White, jenis keju lokal unggulan di Rosalie Cheese.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Keju Black and White, jenis keju lokal unggulan di Rosalie Cheese.

Cara makan keju versi lokal 

Saat ini sudah ada 10 jenis keju lokal yang diproduksi di Rosalie Cheese, dan tiga produk terbaik di antaranya yaitu keju Black and White, Chevre, dan Black Pepper Goat.

"Selain keju, kita juga produksi snack berbasis keju seperti cracker yang dimakan bersama keju," katanya.

Cara mekan kaju versi Rosalie Cheese pun berbeda dari keju biasa. Beberapa cara yang bisa dilakukan yakni dengan mencampur keju bersama tapai, singkong, hingga buah tropis.

"Biasanya kita juga makan keju dengan teh, karena Indonesia juga punya banyak teh. Jadi bagaimana caranya kita mengonsumsi keju tidak terlalu mengikuti gaya barat," katanya.

Ayu mengatakan pembeda lain dari keju Rosalie adalah proses pembuatan hingga lama waktu pemeraman, sehingga keju Rosalie punya tekstur dan rasa yang berbeda. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com