Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Ramu Teh Lokal Digelar Hari Ini di JiExpo Kemayoran

Kompas.com - 12/11/2022, 11:27 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kompetisi Ramu Teh Lokal digelar di Hall A-3, Jakarta Internasional Expo hari ini Sabtu (12/11/2022).

Kompertisi meracik minuman teh ini merupakan salah satu rangkaian acara pameran makanan dan minuman skala International Sial Interfood yang sudah digelar sejak Rabu (9/11/2022)

Ramu Teh Lokal ini diikuti oleh sembilan tea blender lokal, di antaranya ada Maria Angela, Dyah Mahardhinie, Mayang Athira, Faisal Ariza, Steffi, Widyawati Praptosuradja, Ariya Perwira, Bima Azhar Nugroho, dan Rinda Caesara.

Tiga juri yang ikut andil dalam penilaian lomba Ramu Teh Lokal kali ini di antaranya ada , Pakar Teh Indonesia dan Founder Indonesia Tea Institute Ratna Soemantri, Praktisi dan Penulis Kuliner Indonesia Kevindra Soemantri, serta Chef dan Konsultan Cafe Ronald Prasanto.

Baca juga:

"Tujuan acara ini untuk memperlihatkan kepada industri F&B bahwa tea blend bisa jadi salah satu pilihan menu yang berbeda, kreatif, yang bisa jadi diferensiasi buat cafe," kata Ratna Soemantri saat ditemui oleh Kompas.com di Jakarta International Expo pada Sabtu (12/11/2022).

Ratna menjelaskan nantinya setiap peserta harus menyajikan tea blend dalam bentuk penyajian panas dan minuman kreasi.

"Juri nanti akan melihat dari tea blendnya, seduhannya, dan bagaimana peserta mempresentasikan seduhannya," katanya

Pada lomba ramu teh lokal setiap peserta diberi waktu 30 menit untuk persiapan,meramu, dan mempresentasikan hasil tea blend.

Beberapa teh bisa digunakan mengusir penyakit, seperti teh mint dan teh kamomil.Unsplash/Joanna Kosinska Beberapa teh bisa digunakan mengusir penyakit, seperti teh mint dan teh kamomil.

Peserta yang melebihi batas waktu yang ditentukan akan dikenakan pengurangan penilaian oleh juri.

"Ini merupakan lomba meramu teh lokal pertama, dan akan menjadi acara yang berkelanjutan antara Kumala Academy, Indonesia Tea Institute dan Krista Media. Tahun depan akan dibuka seleksi terlebih dahulu," katanya.

Ratna mengatakan pemenang Ramu Teh Lokal nantinya akan dibuatkan acara khusus bersama Kumala Academy dengan harapan dapat melahirkan bintang baru dalam dunia teh.

Baca juga:


Kompetisi ini diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat dan industri makanan dan minuman bahwa dunia teh tidak hanya sekadar berkutat di kebun ataupun di pabrik teh.

Lebih dari itu orang yang berkutat di dunia teh juga bisa menjadi tea blender, tea specialist, peramu teh, dan beragam profesi yang dapat dilirik oleh publik.

Pengumuman pemenang lomba meramu teh lokal Sial Interfood akan diumumkan langsung hari ini pada Sabtu sore (12/11/2022) pukul 15.45 WIB di Jakarta International Expo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com