Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Beda Kompor Induksi dan Listrik, Jangan Sampai Salah

Kompas.com - 19/09/2022, 17:18 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kompor listrik dan kompor induksi sama-sama membutukan listrik sebagai sumber energi. Akan tetapi kompor lnduksi tidak sama dengan kompor listrik.

Kompor induksi dan kompor listrik dari tampilan juga tampak sama, biasanya berbahan keramik datar dan tidak mengeluarkan panas api layaknya kompor gas.

Umumnya kompor listrik dan kompor induksi juga masuk kategori kompor tanam. Simak perbedaan antara kompor induksi dan kompor listrik yang perlu diketahui berikut ini.

Baca juga:

1. Elemen pemanas

Dikutip dari laman SgGates, kompor induksi dan kompor listrik berbeda dari segi cara menghasilkan panas.

Pemanas pada kompor listrik terdiri dari elemen kawat pemanas nikrom yang tertanam dalam insulasi porselen. Kawat tersebut terbungkus dan ditempat di dalam kumparan besi berongga.

Panas yang dihasilkan oleh kawat elemen nikrom ditransfer ke kumparan besi, sehingga besi menjadi panas. Panas tersebut kemudian ditransfer secara konduksi ke peralatan masak di atasnya.

Sementara panas yang dihasilkan dari kompor induksi berasal dari medan elektromagnetik.

Elektromagnet menginduksi arus eddy ( fenomena yang yang terjadi pada medan magnet yang menembus konduktor, sehingga menimbulkan pusaran).

Arus tersebut nantinya akan menghasilkan panas di alat masak yang bersifat feromagnetik (bahan yang mudah ditarik oleh magnet).

Arus eddy yang mengalir di permukaan titik pemanas kemudian akan memasak makanan yang ada di dalam panci yang bersifat feromagnetik.

Permukaan kompor induksi dibuat dari bahan nonferomagnetik, artinya akan tetap dingin saat disentuh meskipun arus eddy mengalir.

Itulah alasannya kenapa permukaan kompor induksi terasa dingin saat disentuh tangan meskipun kompor sedang menyala.

Baca juga:

Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.Dok. Shutterstock/ Proxima Studio Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.

2. Peralatan masak yang digunakan

Berangkat dari cara kerja kedua jenis kompor ini dalam menghasilkan panas, dapat diketahui alat masak untuk kompor induksi dan kompor listrik tidaklah sama.

Panas yang dihasilkan oleh kompor induksi hanya bekerja pada alat masak yang bersifat feromagnetik, di antaranya pot besi atau pot stainless steel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com