Kompas.com - 23/05/2022, 12:32 WIB

KOMPAS.com - Orang India mempunyai cara tersendiri untuk menikmati kari yaitu menggunakan paratha.

Bentuk paratha pipih dengan tekstur berlapis dan warnanya emas kecoklatan. Roti pipih tersebut biasanya disantap saat sarapan.

Menurut Taste Atlas, paratha berasal dari Peshawar, Pakistan, tetapi telah menyebar ke penjuru India. Roti pipih tersebut dijual di berbagai tempat mulai dari gerai pinggir jalan sampai restoran.

Paratha juga menyebar ke beberapa negara di Asia Tenggara yang mempunyai penduduk keturunan India seperti Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Di Indonesia dan Malaysia, paratha biasanya disebut roti cane atau roti canai. Sementara, orang Singapura menyebut paratha sebagai roti prata.

Nama paratha diambil dari kata parat dan atta (tepung), artinya adalah adonan tepung berlapis yang dimasak.

Baca juga:

 

Bahan untuk membuat paratha

Bahan utama paratha yaitu tepung gandum utuh. Setelah adonan paratha jadi, kemudian dimasak dengan ghee di atas wajan pipih.

Ghee biasa disebut clarified butter, mentega yang air dan padatan susunya dihilangkan, sehingga hanya mengandung lemak mentega.

Paratha juga biasanya diisi dengan berbagai bahan makanan lain seperti kentang rebus, kembang kol, paneer (keju india), jahe, dan cabai.

Bukan cuma dimakan sendiri, paratha kerap disantap bersama kari, acar, yoghurt, chutney (campuran, sayur, buah, dan bumbu).

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.