Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Gunakan Ghee dalam Masakan, Bikin Lebih Sedap

Kompas.com - 09/11/2021, 11:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ghee kerap digunakan sebagai pengganti minyak maupun butter untuk memasak.

Bahan masakan ini sudah digunakan sejak beradab-abad lalu, khususnya dalam masakan India dan Timur Tengah. Penggunaannya yakni untuk menumis nasi goreng atau nasi briyani. 

Menurut All Recipes makanan yang dimasak dengan ghee biasanya lebih beraroma dan gurih. Namun penggunaannya harus tepat agar fungsi ghee untuk masakan lebih maksimal. 

Baca juga:

Berikut cara menggunakan ghee untuk memasak melansir dari Delish dan The Spruce Eats.

Ilustrasi ghee padat yang belum berbutir. UNSPLASH/ Megumi Nachev Ilustrasi ghee padat yang belum berbutir.

1. Panaskan dengan suhu tinggi 

Ghee memiliki titik asap yang lebih tinggi daripada butter, sekitar 255 derajat celcius. Oleh karena itu, kamu bisa memanaskannya dalam suhu tinggi.

Tak perlu khawatir, ghee tidak akan membuat makanan gosong, justru masakan menjadi lebih sedap dan beraroma. Penggunaannya bisa untuk menumis maupun menggoreng makanan. 

Baca juga: 

2. Pengganti minyak untuk memanggang

Ghee dapat digunakan sebagai pengganti minyak untuk memanggang masakan. Cara menggunakannya sama seperti minyak atau butter, yakni bisa dioleskan atau dilelehkan saat hidangan matang. 

Ilustrasi ghee atau minyak samin, bahan masakan yang mirip butter. SHUTTERSTOCK/ StockImageFactory.com Ilustrasi ghee atau minyak samin, bahan masakan yang mirip butter.

3. Lelehkan untuk topping

Ada beberapa cara untuk menggunakan ghee saat memasak. Salah satunya yakni dengan melelehkannya lalu tuang ke makanan sebagai topping.

Kamu dapat menggunakannya untuk sayuran kukus, jagung rebus dan bakar, serta camilan seperti popcorn. Hidangan yang ditambahkan ghee biasanya lebih gurih dan wangi. 

Baca juga:

4. Oleskan pada roti 

Sama halnya dengan mentega, ghee juga bisa digunakan sebagai olesan roti maupun biskuit. Namun konsisten ghee lebih cair maka perlu mengeraskanya terlebih dulu di suhu ruangan.

Di luar daripada itu, ghee juga bisa untuk memasak telur. Penambahkan ghee dapat membuat telur lebih gurih dan tidak lengket di wajan. 

Baca juga: Resep Mashed Potato Tanpa Susu, Makanan Pengganti Nasi Saat Diet

Atau, kamu dapat menambahkan ghee pada kentang tumbuk serta sayuran panggang supaya hidangan terkaramelisasi. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com