Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2021, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Cotton cake merupakan kue dengan tekstur super lembut dan ringan. Teksturnya yang lembut membuatnya mirip dengan chiffon cake.

Sebagain orang mungkin sulit membedakan antara cotton cake dan chiffon cake.

Berikut Kompas.com rangkum, perbedaan cotton cake dan chiffon cake. Kue dengan tekstur lembut dan ringan favorit banyak orang.

Baca juga:

Apa Bedanya Cotton Cake dan Chiffon Cake?

Melansir dari buku “Seri Popular Food - Aneka Cotton Cake” (2013) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, cotton cake mirip dengan chiffon cake.

Hanya saja, cotton cake terasa lebih berat tetapi teksturnya lebih lembut dari chiffon cake.

Menambahkan dari buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pusaka Utama, ada letak perbedaan dari beberapa jenis kue termasuk chiffon cake dan cotton cake.

Ilustrasi chiffon cake keju.DOK.SHUTTERSTOCK/KAISKYNET STUDIO Ilustrasi chiffon cake keju.

Chiffon cake dibuat dengan cara memisahkan kuning dan putih telurnya terlebih dahulu. Setelah itu, kuning telur dicampur dengan bahan lainnya hingga teksturnya licin.

Putih telur dikocok sendiri hingga kaku kemudian diaduk dengan campuran kuning telur lainnya.

Pada saat proses memanggang chiffon cake, loyang tidak perlu diolesi margarin atau mentega. Pasalnya, adonan sangat ringan dan mengembang. Kamu hanya perlu melapisinya dengan baking paper.

Baca juga:

Sementara itu, cotton cake dibuat dengan cara margarin dipanaskan hingga leleh. Setelah itu, tepung dimasukkan dan diaduk hingga kalis. Pembuatan adonan ini mirip dengan kue sus.

Cotton cake perlu susu cair yang dihangatkan. Nantinya, susu dicampurkan dengan kuning telur.

Tekstur lembut dari cotton cake didapatkan dari bahannya bahan yang mengandung kelembaban. Kelembaban ini menjadi uap selama proses memanggang. Hal ini yang menyebabkan adonan mengembang ringan.

Buku “Seri Popular Food - Aneka Cotton Cake” (2013) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pusaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com