Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menggunakan Panci Presto, Bekal Bikin Bandeng Presto di Rumah

Kompas.com - 14/12/2021, 21:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Panci presto banyak digunakan para ibu di rumah untuk melunakkan bahan makanan yang keras seperti daging.

Selain untuk melunakkan bahan yang keras, panci presto juga bisa mempercepat proses masakan.

Alat masak yang satu ini memiliki cara kerja dengan menggunakan panas dan tekanan uap untuk memasak bahan masakan yang lebih cepat.

Ada tips masak menggunakan panci presto di rumah agar panci awet lama melansir dari buku “Hidangan Presto Nusantara yang Paling Disukai” (2013) oleh Aan Roswaty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Tumis bumbu terlebih dahulu

Salah satu bahan masakan yang biasanya dimasak menggunakan panci presto adalah bandeng. Bandeng presto terkenal sebagai lauk pauk praktis yang disajikan dengan nasi putih dan sambal.

Kalau kamu berniat untuk membuat bandeng presto tulang lunak di rumah. Pastinya, kamu perlu bumbu untuk memberikan rasa dan aroma pada bandeng.

Kalau menggunakan bumbu, sebaiknya tumis bumbu terlebih dahulu hingga tercium harum. Setelah itu, masukkan bumbu ke dalam panci presto.

2. Tuang air secukupnya

Cara masak pakai panci presto yang selanjutnya adalah dengan menuangkan air secukupnya. Pastikan takaran air yang digunakan pas ke dalam panci presto.

Setelah itu, masukkan bahan masakan yang akan dimasak.

3. Tutup panci presto

Pada saat memasak menggunakan panci presto, tutup panci dan masak dengan api besar. Gunakan api besar hingga panci presto mendesis. Kecilkan api dan masak kembali sesuai kebutuhan.

Pastikan uap keluar dari tutup panci presto dan katup lubang uap bergoyang-goyang.

Baca juga:

4. Matikan api kompor

Kalau sudah begitu, kamu bisa mematikan api kompor hingga uapnya menghilang dan buka panci presto.

5. Gunakan api besar

Menambahkan dari buku “50 Resep Masakan Presto untuk Bisnis” (2015) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, gunakan api besar saat menggunakan panci presto industri.

Hal ini untuk menghadirkan tekanan presto yang besar dan bahan jadi cepat matang. Proses ini bisa membuat tulang daging ayam menjadi lunak.

6. Ganti karet presto

Dalam buku tersebut juga menyebutkan kalau mengganti karet presto secara berkala perlu dilakukan. Pasalnya, karet presto yang sudah dipakai berulang-ulang bisa rusak dan tidak elastis lagi.

Buku “Hidangan Presto Nusantara yang Paling Disukai” (2013) oleh Aan Roswaty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “50 Resep Masakan Presto untuk Bisnis” (2015) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com