Kompas.com - 16/09/2021, 20:07 WIB
Ilustrasi putu ayu. DOK.SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAHIlustrasi putu ayu.

KOMPAS.com - Pada beberapa resep kue tradisional, air kelapa biasa ditambahkan untuk membuat cita rasa kue yang lebih manis dan gurih.

Salah satu kue khas Nusantara yang menggunakan air kelapa untuk membuat adonannya adalah kue putu ayu.

Baca juga:

Walau beberapa resep putu ayu menggunakan air kelapa, Chef Wira Hardiyansyah, Travelling Chef menuturkan bahwa penggunaan air kelapa untuk adonan putu ayu bisa diganti dengan air biasa.

“Boleh saja, kalau mau mengganti air kelapa dengan air biasa. Tidak jadi masalah.” kata Chef Wira kepada Kompas.com pada Rabu (15/09/2021).

Fungsi air kelapa pada adonan putu ayu

Ilustrasi putu ayu.DOK.SHUTTERSTOCK/RIZVISUAL Ilustrasi putu ayu.

Menurut Chef Wira, penggunaan air kelapa pada resep putu ayu dapat menambah cita rasa putu ayu menjadi lebih manis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau mau pakai air biasa boleh aja. Tapi nanti mempengaruhi rasa dari putu ayu. Karena air kelapa itu manis” kata Chef Wira.

Walau begitu, bukan berarti penggunaan air biasa sebagai pengganti air kelapa tidak bisa menghasilkan cita rasa manis.

Baca juga: 15 Resep Kue Tradisional dengan Cetakan Khas yang Mudah Dibuat

100 gram air kelapa muda hanya mengandung sekitar 17 kalori.PEXELS/ANY LANE 100 gram air kelapa muda hanya mengandung sekitar 17 kalori.

“Atur saja dari takaran bahan di awal. Air kelapa itu manis jadi tidak perlu menggunakan banyak gula. Sementara kalau menggunakan santan yang gurih berarti harus menakar kembali bahan awalnya agar manisnya sesuai” jelas Chef Wira.

Jadi, kalau kamu ingin mengganti air kelapa dengan air biasa. Kamu perlu menakar kembali bahan lainnya dari awal. Misalnya saja, takaran penggunaan gula pada saat membuat adonan kue putu ayu.

“Kalau pakai air biasa, nantinya takaran gula yang digunakan bisa normal atau tinggi untuk menggantikan air kelapa yang manis” imbuh Chef Wira.

Baca juga: 4 Tips Gunakan Santan untuk Bikin Kue Tradisional

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.