Kompas.com - 13/08/2021, 22:02 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia kerap menggunakan lada atau merica dalam bumbu masakannya. Terutama untuk hidangan yang bercita rasa pedas, seperti gulai dan kari. 

Dalam penggunaannya, butiran lada dihaluskan terlebih dulu. Beberapa orang bahkan memilih lada bubuk karena dianggap lebih praktis. 

Baca juga: 4 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Pahami agar Tidak Keliru

Berikut beberapa manfaat dalam masakan yang perlu diketahui. 

1. Menambah rasa pedas

Ilustrasi butiran lada putih. PIXABAY/ AJALE Ilustrasi butiran lada putih.

Lada atau merica hampir selalu digunakan dalam setiap masakan. Baik yang berbahan daging, ikan, maupun sayuran. Khususnya pada masakan yang menghendaki rasa pedas. 

Mengutip buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, penambahan lada pada masakan dapat membuat hidangan lebih pedas.

Namun rasa pedasnya berbeda dengan pedas cabai. Rasa pedas khas lebih khas dan dapat membuat tubuh terasa lebih hangat. 

Baca juga: 4 Jenis Lada di Indonesia, Tidak Cuma Lada Putih

Perlu diketahui bahwa masing-masing jenis lada memiliki cita rasa yang berbeda, sehingga harus lebih cermat saat membelinya. 

2. Menambah aroma masakan 

Ilustrasi lada hitam bercampur dengan lada putih. PIXABAY/ CONGERDESIGN Ilustrasi lada hitam bercampur dengan lada putih.

Lada dapat mengeluarkan aroma pedas yang khas. Oleh karena itu, rempah ini bisa digunakan untuk menambah kesedapan masakan. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.