Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Olah Telur Pitan yang Tepat, Bahan Tantangan MasterChef Indonesia

Kompas.com - 19/06/2021, 20:31 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Yogi, peserta MasterChef Indonesia season 8 memasak scallop dan telur pitan dalam tantangan kedua episode 7 MasterChef Indonesia, Sabtu (19/6/2021).

Ia membuat saus yang terbuat dari campuran jeruk dan telur pitan. Namun, menurut ketiga juri cara mengolah telur pitan menjadi saus tersebut kurang tepat.

Melansir Food52, telur pitan adalah telur yang diawetkan dan dikenal dengan nama telur abad (century egg), telur seratus tahun, atau telur seribu tahun yang banyak digunakan dalam masakan China.

Baca juga: 11 Tips Masak Telur agar Lebih Enak dari Koki

Telur pitan merupakan telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh yang diawetkan dalam campuran kapur, garam, dan abu, kemudian dilapisi sekam nasi.

Selama tiga bulan, telur menyerap natrium yang mendenaturasi protein di dalamnya. Dalam bahasa non ilmiah, itu berarti putih telur yang tadinya berwarna bening menjadi padat dan berwarna coklat-hitam buram.

Telur pitan memiliki bau yang menyengat seperti belerang. Setelah dibuka, telur pitan berwarna kuning, abu-abu dan hijau, terkadang kuning agak suram.

Baca juga: 8 Mitos Telur, Apa Tanggal Kedaluwarsa Telur Berlaku?

Hidangan dari telur yang diawetkan selama ratusan tahun bernama Century EggShutterstock.com Hidangan dari telur yang diawetkan selama ratusan tahun bernama Century Egg

Cara mengolah telur pitan

Melansir Serious Eats, irisan telur pitan bisa ditumis dengan sayuran bayam. Kuning telur pitan dapat memperkaya kaldu sayuran, sementara putih telur bisa menambahkan sedikit tekstur kenyal seperti gelatin.

Cara lainnya untuk mengolah telur pitan adalah dengan mencampurnya bersama salad tahu. Cukup potong dan tambahkan telur pitan di atas atau dicampur ke dalam mangkuk berisi tahu sutra dingin.

Salad tahu dengan isi telur pitan selanjutnya bisa aduk bersama saus kecap, cuka beras tua, minyak wijen, dan bawang putih cincang.

Potong beberapa sayuran dan taburkan hidangan dengan daun bawang dan ketumbar cincang.

Baca juga: 10 Tips Bikin Saus Telur Asin Creamy dan Enak ala Restoran

Proses pembuatan Century Egg secara tradisional, yakni membalut telur yang telah dilumuri bahan tertentu menggunakan gabah padiShutterstock.com Proses pembuatan Century Egg secara tradisional, yakni membalut telur yang telah dilumuri bahan tertentu menggunakan gabah padi

Telur pitan juga dapat dipotong dadu untuk dicampurkan kedalam hidangan vegetarian seperti tahu ma po.

Penambahan telur pitan dalam tahu ma po dapat membuat tekstur hidangan menjadi lebih kenyal. 

Selain dicampur untuk hidangan tahu, telur pitan juga bisa diolah dan dihidangkan bersama bubur.

Irisan telur pitan dapat ditambahkan semangkuk bubur dan ditaburi dengan minyak wijen harum.

Baca juga: Cara Rebus Telur, dari Setengah Matang sampai Matang Sempurna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com