Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kupas Telur Rebus agar Tidak Rusak, Tips dari Chef

Kompas.com - 14/11/2020, 11:31 WIB
Khenzie Godeleova,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telur merupakan bahan makanan yang bisa kamu olah menjadi beragam masakan, baik untuk camilan maupun makanan utama.

Mengandung protein yang baik untuk tubuh, telur bisa kamu makan dengan hanya direbus. Cukup siapkan air dan telur.

Baca juga: Apa Benar Tidak Boleh Makan Telur Setengah Matang?

Namun, terkadang terdapat kendala saat mengupas telur rebus. Setelah dikeluarkan dari air, suhu telur yang panas akan membuatmu sulit untuk mengupasnya.

Kadang, telur menjadi hancur dan ikut terkelupas bersama kulitnya kalau cara mengupas tidak benar.

Saat diwawancara oleh Kompas.com, Jumat (13/11/2020), Chef Aguk Prasetiyo selaku sous chef di Hotel Santika Cirebon membagikan tips mengupas kulit telur rebus tanpa merusak telur.

Ada beberapa mitos telur yang tidak perlu dipercayaiUNSPLASH/Natalie Rhea Riggs Ada beberapa mitos telur yang tidak perlu dipercayai

Chef Aguk mengatakan bahwa kamu perlu memperhatikan proses merebus telur agar rebusan bagus.

Baca juga: Bedanya Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri, Lihat 4 Faktor Ini...

 

Langkah penting adalah memasukkan telur setelah air mendidih. Rebus telur selama 10-15 menit, pastikan benar-benar matang.

“Masukkan telur, setelah matang - ya kurang lebih tingkat kematangan 10 menit sampai 15 menit lah, biar benar-benar tanek, (lalu) angkat. Terus rendam di air dingin, atau di tempat kucuran air sambil di kupas,” jelas Chef Aguk.

Angkat telur dan rendam dalam air dingin atau air es. Maka, telur akan mengelupas dengan sendirinya. Kamu tinggal mengupas sisa-sisa kulit yang masih menempel.

Ada cara lain dalam mengupas telur rebus. Setelah matang, angkat telur, dan kupas di bawah air mengalir. Air tidak perlu terlalu deras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com