Kompas.com - 20/04/2021, 02:18 WIB
Ilustrasi telur ceplok atau telur mata sapi di atas piring saji. SHUTTERSTOCK/EDUARD ZHUKOVIlustrasi telur ceplok atau telur mata sapi di atas piring saji.

KOMPAS.com - Telur jadi andalah lauk banyak orang. Selain murah, mudah dimasak, telur juga punya kandungan protein dan asam amino yang baik bagi tubuh.

Bagi kamu yang doyan makan dengan mengolah telur, tidak ada salahnya untuk mempejalari cara masak telur yang enak dari koki profesional. 

Dilansir dari mentalfloss.com, berikut 11 tips dari koki untuk memasak telur yang sempurna.

Baca juga: Resep Telur Ceplok Asam Manis, Menu Sahur yang Bikinnya Singkat

1. Periksa tanggal kadaluarsa telur

Telur akan terasa lebih enak saat disantap jika masih dalam keadaan segar. Oleh karena itu, pastikan telur yang akan dimasak tidak mendekati tanggal kadaluarsa.

Cara paling mudah jika ingin lihat apakah telur masih segar, rendam telur di air. Jika telur mengapung tandanya telur sudah kurang segar, tetapi masih bisa dikonsumsi.

2. Pecahkan telur dalam mangkuk terpisah

Salah satu olahan telur adalah telur ceplok. Memasaknya memang cukup mudah. Kamu bisa pecahkan telur langsung ke dalam wajan.

Namun, melakukan hal seperti itu akan menciptakan resiko baru, seperti jatuhnya serpihan cangkang telur.

Seorang pembawa acara makanan asal Amerika Serikat, Alton Brown, menuliskan tips untuk tidak langsung menuangkan telur ke dalam wajan.

Sebaliknya, pecahkan telur ke dalam cangkir atau mangkuk terlebih dulu dan tuangkan ke wajan pada saat ingin dimasak.

Baca juga: 8 Mitos Telur, Apa Tanggal Kedaluwarsa Telur Berlaku?

3. Mengubah posisi wajan

Gordon Ramsay merekomendasikan memasak telur orak-arik dengan api sedang-kecil sambil menggerakkan wajan bolak-balik di atas dan luar bagian kompor yang panas.

Jadi, ketika memasak telur orak-arik akan lebih baik jika memindahkan wajan sebentar ke luar panas dan memasaknya lagi di atas kompor.

Hal ini bisa dilakukan berulang selama tiga hingga empat kali selama memasak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X