Kompas.com - 01/04/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi tahu yang direndam dok. pexels.com / polina-tankilevitchIlustrasi tahu yang direndam

KOMPAS.com - Sering merasa kesal karena hasil tahu sutra yang kamu masak menjadi hancur dan tidak berbentuk? Ada cara masak tahu sutra agar tidak hancur yang bisa kamu ikuti berikut ini.

Terutama saat menggoreng tahu sutra yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Itu karena tekstur tahu sutra yang lebih lembut dari tahu biasa.

Namun, ada trik yang bisa diikuti bahkan untuk kamu para pemula. Dilansir dari The Kitchn dan Bon Appetit, berikut cara memasak tahu sutra agar tidak mudah hancur.

Baca juga: Resep Tahu Gimbal Khas Semarang, Bikin Buat Makan Siang

1. Buang air tahu dan tiriskan tahu

Ilustrasi tahu dan kedelaimargouillatphotos Ilustrasi tahu dan kedelai

Ketika membeli tahu jenis apapun terutama tahu sutra, dalam wadahnya pasti mengandung banyak air. Air dalam tahu berfungsi untuk menjaganya tidak mudah basi.

Namun, saat akan memasaknya lebih baik buang air tahu dan tiriskan tahu. Tahu yang direndam banyak air bisa membuat tekturnya lebih mudah hancur dan memercikkan minyak saat digoreng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Potong tahu dengan ukuran yang cukup besar

Cara goreng tahu sutra agar tidak hancur yang selanjutnya adalah jangan potong tahu sutra tipis-tipis.

Baiknya potong dengan ukuran yang dirasa cukup besar agar saat digoreng tidak hancur dan melebur dalam minyak panas.

Baca juga: Resep Tahu Guling, Sajian Tahu yang Mengenyangkan

3. Lapisi dengan tepung maizena

Lapisi potongan tahu sutra dengan tepung maizena saat akan digoreng. Tepung maizena bisa membantu menyerap kelembaban berlebih pada tahu.

Selain itu, tepung maizena juga bisa membuat lapisan terluar tahu sutra menjadi lebih renyah dan berwarna keemasan saat digoreng.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X