Kompas.com - 10/02/2021, 09:21 WIB
Ilustrasi pasangan saling memegang tangan saat makan. PIXABAY/ STOCKSNAPIlustrasi pasangan saling memegang tangan saat makan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Persiapkan makan malam romantis berdua pasangan menjelang Valentine nanti. Perayaan Valentine tahun ini mungkin akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya kamu dapat menghabiskan waktu bersama pasangan dengan jalan-jalan atau makan di luar, sekarang sebaiknya dipikirkan ulang. 

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum membaik, lebih baik rayakan hari Valentine di rumah saja.

Selain menonton serial favorit, kamu dan pasangan juga dapat menyiapkan makan malam romantis di rumah saat hari Valentine nanti. 

 Baca juga: Cara Membuat Kue Kering Coklat Cantik dan Enak buat Bingkisan

1. Konsep hidangan

Sebelum membuat lis hidangan, pikirkan terlebih dulu konsepnya. Apakah hidangan Indonesia, Italia, Perancis, atau justru Asia.

Dengan menyusun konsep, kamu akan lebih mudah menentukan daftar hidangan yang disajikan. Jadi, tinggal mencari referensi hidangan yang sesuai konsepnya saja. 

2. Menu makanan yang dihidangkan

Ilustrasi menu makan malam ala restoran. PEXELS/ COTTONBRO Ilustrasi menu makan malam ala restoran.

Buatlah lis makanan yang akan dihidangkan agar tidak bingung saat memasaknya nanti. Kamu dapat bertanya pada pasangan, ia ingin makan apa. 

Selanjutnya, susun menu mulai dari hidangan pembuka, makanan utama, dan pencuci mulut. Jangan lupa, pikirkan juga minumannya. 

Baca juga: Cara Membuat Buket Coklat Beng-beng Sederhana untuk Valentine

Usahakan untuk membuat hidangan yang mudah diolah agar tepat waktu saat memasaknya. Namun, masaklah dengan baik supaya lezat rasanya. 

3. Masak makanan kesukaan pasangan 

Pastikan kamu memasukkan makanan kesukaan pasangan dalam salah satu hidangan, bisa di makanan pembuka, makanan utama, atau pencuci mulutnya. 

Kamu juga dapat juga keluar dari 'rencana' dan membuat hidangan kejutaan yang disukainya. Walau terkesan sederhana, cara ini dapat membuat pasangan tersentuh dan terharu.  

4. Sajikan menggunakan piring cantik

Ilustrasi memotong daging saat makan di restoran. UNSPLASH/ SJ . Ilustrasi memotong daging saat makan di restoran.

Akan jadi percuma jika hidangan yang disajikan tidak ditata dengan piring yang cantik. Kamu dapat menggunakan dinner set dengan warna senada yang sesuai dengan konsep hidangannya. 

Baca juga: Cara Membuat Buket Coklat Farrero Rocher untuk Kado Valentine

Meski begitu, kamu tak perlu membeli piring baru untuk menyajikan hidangannya. Jika memang tak ada, gunakanlah piring seadanya, lalu plating dengan agar nampak seperti hidangan restoran ternama. 

Jangan lupa pula untuk menyiapkan sendok atau alat makan lain yang dibutuhkan. 

5. Memesan hidangan 

Jika tak memungkinkan untuk memasak, kamu dapat memesan makanan saja. Pilihlah menu komplit mulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga penutup mulut.

Sediakan waktu setidaknya 30 menit supaya kamu dapat menata makan sebelum disajikan. Pastikan hidangan masih dalam kondisi baik saat disajikan agar nafsu makan meningkat. 

6. Dekorasi meja untuk penyajiannya

Ilustrasi penataan meja makan di restoran. Dok. PXHERE Ilustrasi penataan meja makan di restoran.

Tak lengkap rasanya jika menu makan malam tidak disajikan di meja yang cantik. 

Untuk menambah kesan romantis, kamu dapat menghiasi meja sajinya. Tambahkan bunga dan lilin untuk mempercantik tampilan meja makannya. Bersihkan pula area di sekelilingnya agar terasa makin intimate.

Baca juga: Resep Kue Kering Coklat Kacang Kenari, Bisa Jadi Hampers Imlek atau Valentine

Makan malam tak harus dilakukan di dalam rumah saja. Kamu pun dapat menyulap taman belakang atau depan rumah untuk acaramu ini. 

Pilihlah tempat yang sekiranya nyaman dan tenang, supaya kamu dan pasangan benar-benar bisa menikmati makan malam dengan santai.  

7. Tambahkan musik pengiring   

Jangan lupa untuk menambahkan musik pengiring saat makan malammu. Putarlah lagu kenangan berdua dengan pasangan akan suasana makan malam makin mesra. 

Baca juga: Resep Kue Kering Coklat Chip, Bisa Jadi Hadiah Valentine

Sebagai tambahan, kamu dan pasangan dapat mengenakan pakaian selayaknya sedang makan malam berdua di restoran ternama. Dengan begitu, cuaca makan malam akan terasa lebih hidup dan menyenangkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X