6 Jenis Ikan Laut yang Cocok Dibakar untuk Barbeque Tahun Baru

Kompas.com - 30/12/2020, 17:09 WIB
Ilustrasi ikan bakar. NOVA DIENIlustrasi ikan bakar.

KOMPAS.com - Menjelang tahun baru, kamu bisa menyiapkan aneka bahan makanan untuk  acara barbeque atau bakar-bakaran. Salah satu bahan makanan yang enak dan mudah dibakar adalah ikan air laut.

Ikan laut terkenal dengan kandungan gizinya yang cukup tinggi. Selain itu, ikan laut juga memiliki rasa daging yang gurih dan tekturnya lembut. 

Baca juga: 7 Ikan Air Tawar yang Cocok Dibakar, Dagingnya Tebal

Ikan laut juga cenderung memiliki duri yang lebih besar sehingga mudah membersihkannya. Berikut enam jenis ikan laut yang cocok dibakar di malam tahun baru nanti.

1. Ikan tongkol

Panjang ikan tongkol bisa mencapai 60 cm. Ikan tongkol memiliki pola garis yang unik di punggungnya.

Ikan tongkol juga memiliki daging yang tebal serta lembut. Agar bumbu meresap ke dalam daging ikan tongkol, kamu hanya perlu memberikan tiga sayatan pada badan ikan tongkol.

Kemudian rendam dengan bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, jahe, dan kecap manis, selama 10 menit.

2. Ikan kakap merah

Susi Pudjiastuti mengangkat ikan kakap merah. Dok. Youtube Susi Pudjiastuti Susi Pudjiastuti mengangkat ikan kakap merah.

Ikan kakap merah memiliki daging yang tebal dan berwarna putih yang mengandung protein cukup tinggi.

Biasanya ikan kakap merah dibelah menjadi dua bagian tanpa terputus, agar bumbunya meresap. Kemudian direndam dengan air perasan jeruk nipis agar aroma amis ikan hilang.

Setelah itu, lumuri dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Tunggu selama 10-15 menit, kemudian bakar dengan api sedang agar matangnya merata.

Baca juga: Resep Ikan Bakar Teflon, Pakai Gurame atau Bawal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X