Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2020, 17:09 WIB
Alma Erin Mentari,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang tahun baru, kamu bisa menyiapkan aneka bahan makanan untuk  acara barbeque atau bakar-bakaran. Salah satu bahan makanan yang enak dan mudah dibakar adalah ikan air laut.

Ikan laut terkenal dengan kandungan gizinya yang cukup tinggi. Selain itu, ikan laut juga memiliki rasa daging yang gurih dan tekturnya lembut. 

Baca juga: 7 Ikan Air Tawar yang Cocok Dibakar, Dagingnya Tebal

Ikan laut juga cenderung memiliki duri yang lebih besar sehingga mudah membersihkannya. Berikut enam jenis ikan laut yang cocok dibakar di malam tahun baru nanti.

1. Ikan tongkol

Panjang ikan tongkol bisa mencapai 60 cm. Ikan tongkol memiliki pola garis yang unik di punggungnya.

Ikan tongkol juga memiliki daging yang tebal serta lembut. Agar bumbu meresap ke dalam daging ikan tongkol, kamu hanya perlu memberikan tiga sayatan pada badan ikan tongkol.

Kemudian rendam dengan bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, jahe, dan kecap manis, selama 10 menit.

2. Ikan kakap merah

Susi Pudjiastuti mengangkat ikan kakap merah. Dok. Youtube Susi Pudjiastuti Susi Pudjiastuti mengangkat ikan kakap merah.

Ikan kakap merah memiliki daging yang tebal dan berwarna putih yang mengandung protein cukup tinggi.

Biasanya ikan kakap merah dibelah menjadi dua bagian tanpa terputus, agar bumbunya meresap. Kemudian direndam dengan air perasan jeruk nipis agar aroma amis ikan hilang.

Setelah itu, lumuri dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Tunggu selama 10-15 menit, kemudian bakar dengan api sedang agar matangnya merata.

Baca juga: Resep Ikan Bakar Teflon, Pakai Gurame atau Bawal

3. Ikan baronang

Ikan baronang biasanya dimasak dengan cara dibakar. Dibakar dengan olesan bumbu pedas. Jenis ikan air laut ini mudah ditemui di perairan Sulawesi.

Di sana, ikan baronang dimasak dengan daun pisang agar bara api tidak mengenai daging ikan. Daging ikan menjadi tidak mudah gosong. Ikan baronang terkenal dengan dagingnya yang tebal dan gurih. 

4. Ikan kerapu

Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan air laut yang biasanya hidup di karang-karang. Ikan ini memiliki daging yang lebut dan rasanya gurih.

Namun perlu diperhatikan, ikan kerapu mengeluarkan cairan berlendir yang licin sehingga agak sulit membersihkannya.

Gunakan kain atau handuk untuk membersihkan lendir pada badan ikan kerapu. Kemudian potong kerapu hingga berbentuk sayap kupu-kupu.

Baca juga: 4 Cara Pilih Ikan Segar buat BBQ pada Malam Tahun Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com