Kompas.com - 14/11/2020, 11:31 WIB
Telur rebus Shutterstock/ Ildi PappTelur rebus

KOMPAS.com - Telur merupakan bahan makanan yang bisa kamu olah menjadi beragam masakan, baik untuk camilan maupun makanan utama.

Mengandung protein yang baik untuk tubuh, telur bisa kamu makan dengan hanya direbus. Cukup siapkan air dan telur.

Baca juga: Apa Benar Tidak Boleh Makan Telur Setengah Matang?

Namun, terkadang terdapat kendala saat mengupas telur rebus. Setelah dikeluarkan dari air, suhu telur yang panas akan membuatmu sulit untuk mengupasnya.

Kadang, telur menjadi hancur dan ikut terkelupas bersama kulitnya kalau cara mengupas tidak benar.

Saat diwawancara oleh Kompas.com, Jumat (13/11/2020), Chef Aguk Prasetiyo selaku sous chef di Hotel Santika Cirebon membagikan tips mengupas kulit telur rebus tanpa merusak telur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa mitos telur yang tidak perlu dipercayaiUNSPLASH/Natalie Rhea Riggs Ada beberapa mitos telur yang tidak perlu dipercayai

Chef Aguk mengatakan bahwa kamu perlu memperhatikan proses merebus telur agar rebusan bagus.

Baca juga: Bedanya Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri, Lihat 4 Faktor Ini...

 

Langkah penting adalah memasukkan telur setelah air mendidih. Rebus telur selama 10-15 menit, pastikan benar-benar matang.

“Masukkan telur, setelah matang - ya kurang lebih tingkat kematangan 10 menit sampai 15 menit lah, biar benar-benar tanek, (lalu) angkat. Terus rendam di air dingin, atau di tempat kucuran air sambil di kupas,” jelas Chef Aguk.

Angkat telur dan rendam dalam air dingin atau air es. Maka, telur akan mengelupas dengan sendirinya. Kamu tinggal mengupas sisa-sisa kulit yang masih menempel.

Ada cara lain dalam mengupas telur rebus. Setelah matang, angkat telur, dan kupas di bawah air mengalir. Air tidak perlu terlalu deras.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X