Kompas.com - 04/11/2020, 20:02 WIB

KOMPAS.com – Mengupas kentang dengan peeler terasa lebih mudah dan cepat. Namun, menggunakan peleer bukan satu-satunya cara mengupas kentang yang punya keunggulan tersebut.

Berikut berbagai cara mengupas kentang tanpa bantuan peeler atau alat kupas:

Baca juga: 5 Macam Cara Potong Kentang, Dadu sampai Spiral

1.Sayat kentang sebelum direbus

Kentang tetap bisa dikupas dengan cepat dan mudah, meski hanya menggunakan pisau.

Dilansir dari Mashed, cara mengupas kentang yang cepat tanpa peeler yaitu sayat kulit bagian tengah mengelilingi sisi kentang menggunakan pisau.

Rebus air hingga mendidih, setelah mendidih, masukan kentang yang sudah disayat ke dalamnya. Rebus sebentar sampai kulit kentang terlihat lunak.

Baca juga: Cara Potong Kentang buat French Fries, Stok Camilan Long Weekend

Angkat kentang, biarkan dingin kemudian pegang tiap ujung kentang dengan kedua tangan, kupas kulit kentang dengan gerakan seperti membelah sesuai dengan sayatan kulit kentang.

2. Rebus kentang dan rendam di air es 

Spoon University punya cara lain yaitu dengan merebus kentang hingga kulitnya lunak atau kentang sudah bisa ditusuk dengan garpu.

Angkat kentang dan masukan ke dalam air es selama 10-20 detik.

Baru kemudian kupas kulit kentang dengan jari atau tisu dapur. Buang juga bintik-bintik yang ada pada kentang menggunakan pisau.

Baca juga: Resep Kentang Balado, Lauk Pelengkap Nasi Kotak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.