Kompas.com - 27/10/2020, 21:43 WIB
Ilustrasi kentang dipotong memanjang untuk french fries. SHUTTERSTOCK/PHOTO WIN1Ilustrasi kentang dipotong memanjang untuk french fries.

KOMPAS.com - Terdapat beberapa cara untuk memotong kentang mulai dari memanjang sampai spiral.

Untuk french fries, biasanya kentang dipotong memanjang. Selain cara memotong, perhatikan juga pemilihan kentang. Beli kentang yang ukurannya besar memanjang dengan permukaan cukup rata.

Baca juga: Resep Kentang Goreng Renyah McDonalds, Camilan Praktis Siang Hari

Pengin membuat french fries sendiri untuk stok camilan long weekend? Perhatikan dulu cara tepat memotong kentang seperti dilansir dari Serious Eats dan Food Network berikut.

Kupas kentang

Kupas kentang menggunakan pisau dengan gerakan memutar maupun dari atas ke bawah. Pastikan pisau tajam supaya tidak merusak tekstur kentang.

Kalau kamu mempunyai pisau khusus kentang, gunakan saja untuk memudahkan proses ini. Letakkan kentang kupas di dalam air dingin untuk mencegahnya berubah warna.

Baca juga: Cara Simpan Kentang Kupas agar Awet Sampai 3 Bulan, Boleh Dicuci Dulu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara potong kentang pakai pisau

Ilustrasi memotong kentang untuk french fries. SHUTTERSTOCK/IN GREEN Ilustrasi memotong kentang untuk french fries.

Belah kentang memanjang menjadi dua. Letakkan kentang yang rata ke bagian bawah. Iris memanjang dengan ketebalan sekitar 1/2-1 sentimeter. Baringkan dan tumpuk irisan kentang, potong menjadi seperti stick.

Baca juga: Cara Membuat French Fries Renyah untuk Camilan di Rumah

Usahakan untuk memotong kentang dengan ukuran yang sama atau minimal tidak jauh berbeda.

Langsung masukkan kentang yang sudah dipotong ke dalam air dingin. Jangan biarkan kentang kupas terlalu lama di suhu ruang karena bisa membuat warnanya menjadi gelap.

Kalau kamu mempunyai mandoline slicer alias alat pemotong kentang, bisa gunakan ini untuk memotong kentang tahap pertama.

Setelah mendapatkan potongan dengan ketebalan yang serupa, tumpuk kentang lalu potong menjadi stick menggunakan pisau.

Tips menggoreng kentang

Setelah semua kentang dipotong, keringkan dulu. Caranya bisa menggunakan tisu makan. Bungkus pakai tisu makan, lalu tekan-tekan perlahan. Setelah itu, tata di atas tisu makan yang masih kering.

Bisa juga mengeringkan kentang menggunakan pemutar salad, kalau punya.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X