Fungsi Mentega dan Minyak untuk Membuat Pasta, Beri Efek Mengilap dan Rasa Khas

Kompas.com - 19/09/2020, 12:15 WIB
Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue. SHUTTERSTOCK/SEA WAVEIlustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue.


KOMPAS.com – Terdapat perbedaan fungsi mentega dan minyak dalam proses membuat pasta.

Menurut Chef Sujadi dari Oakwood Apartments PIK Jakarta, ia biasa memakai minyak sayur untuk menumis bawang putih. Sementara itu, mentega digunakan untuk melapisi pasta yang sudah direbus.

Hal itu ia ungkapkan dalam sesi #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Perbedaan Mentega dan Margarin untuk Bikin Kue dan Masakan

“Pada dasarnya kalau untuk tumis kita awali dengan minyak. Kalau kita awali dengan mentega, pasti menteganya kalah dan warnanya akan jadi hitam,” kata Chef Sujadi ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

“Makanya untuk olahan pasta kita akhiri dengan mentega, agar dia mencair dan mengikat pastanya. Jadi kelihatan oily, enggak pucat warnanya. Glowing gitu,” sambung dia.

Prawn Capellini with Laksa BrothDok. Oakwood Apartments PIK Jakarta Prawn Capellini with Laksa Broth

Mentega beri efek bersinar pada pasta

Sebenarnya kamu juga bisa saja menggunakan minyak sayur atau olive oil pada pasta, seperti yang digunakan untuk sajian pasta aglio olio.

Namun karena kemarin Chef Sujadi membuat pasta capellini dengan kuah laksa, maka ia merasa lebih baik menggunakan mentega.

Pasalnya mentega bisa benar-benar memberikan warna yang bersinar pada pasta. Sementara minyak sayur atau olive oil yang tidak memberikan warna berbeda.

Selain dari pertimbangan warna, Chef Sujadi juga cenderung menggunakan mentega untuk memberikan tambahan rasa pada pasta.

Baca juga: Resep Prawn Capellini with Laksa Broth, Sajian Pasta Gaya Indonesia

Ia memang tidak menggunakan banyak bumbu pada pastanya, hanya garam dan lada, tanpa MSG (monosodium glutamate) buatan. Chef Sujadi menggunakan mentega untuk memunculkan rasa gurih khas pada pasta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X