Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adaptasi Masa Pandemi, Restoran Ini Ubah Parkiran Jadi Area Makan

Kompas.com - 14/09/2020, 11:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber BBC


KOMPAS.com – Restoran Molly Malone’s di Johannesburg, Afrika Selatan mengubah area parkiran mobil mereka jadi area makan bergaya ‘restoran roadhouse’ sebagai cara adaptasi di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Demi Jaga Jarak, Restoran Baru dengan Meja Terpencil di Tengah Hutan

Dilansir dari BBC, hal ini jadi strategi mereka setelah pemerintah Afrika Selatan menetapkan aksi lockdown.

Restoran tersebut sebelumnya sempat tutup selama satu bulan dan berdampak pada hilangnya pendapatan restoran sebanyak kurang lebih 69.000 dolar Amerika atau lebih dari Rp 1 miliar rupiah.

Padahal mereka perlu membayar pengeluaran untuk gaji karyawan sekitar 23.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 345 juta per bulannya. Hal itu memaksa mereka untuk mengambil pinjaman.

Roadhouse Restaurant Molly Malones di JohannesburgDok. Facebook Molly Malones Roadhouse Restaurant Molly Malones di Johannesburg

“Ini adalah ide anak saya. Saya bercerita padanya betapa stress saya tentang situasi ini,” kata Jenny Lee Bot, pemilik Molly Malone’s.

Area parkir yang diubah jadi area makan dengan gaya ‘restoran roadhouse’ ini jadi solusi inovatif agar Molly Malone’s tetap bisa beroperasi melayani jumlah pengunjung yang banyak tapi tetap menjaga jarak 1,5 meter.

Di area parkir Molly Malone’s, para pelanggan bisa datang dan menikmati sajian seperti bir, kentang goreng, bahkan milkshake langsung dari mobil mereka masing-masing.

Mereka tak perlu keluar untuk memesan atau mengambil makanan karena para pelayan akan memberikan menu pada pelanggan, menunggu pelanggan memesan, dan mengantarkan pesanan pelanggan langsung ke mobil.

Para pelayan juga akan memberikan informasi terkait aturan makan di sana agar tetap menjaga protokol kesehatan. Termasuk penggunaan sanitizer dan physical distancing.

Jadwal hiburan yang ada di roadhouse restaurant Molly Malones di Johannesburg, Afrika SelatanDok. Facebook Molly Malones Jadwal hiburan yang ada di roadhouse restaurant Molly Malones di Johannesburg, Afrika Selatan

“Jadi kamu memesan secara online. Kami memiliki quiz dan film, agak sulit untuk mendapatkan izin menayangkan film. Kami juga menayangkan kartun,” terang Jenny.

“Pelayan akan datang ke mobil, mengambil pesanan, dan melakukan langkah pencegahan dengan sangat serius. Semuanya disemprot (disinfektan) sebelum masuk ke mobil,” sambung dia.

Sementara acara quiz yang berlangsung juga dilakukan dengan cara yang unik. Ada seorang quiz master yang berperan sebagai host dan menyebutkan aneka pertanyaan.

Pertanyaan tersebut kemudian akan muncul di layar besar yang ada di depan area mobil.

Selain itu para pelanggan juga bisa menyetel radio FM di dalam mobil dan mendengarkan pertanyaannya dari sana.

Host kemudian akan mengumumkan pemenangnya dan sang pemenang biasanya akan merayakan dengan membunyikan klakson berulang kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com