Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2020, 19:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kerupuk telah lama jadi bagian penting dalam kuliner Indonesia. Banyak yang bilang, jika makan tak pakai kerupuk rasanya kurang nikmat.

Saking populernya kerupuk di Indonesia, kamu bisa dengan mudah menemukan kerupuk di mana saja. Dari meja makan di rumah, warteg sederhana, hingga restoran mewah.

Baca juga: Kenapa Ada Lomba Makan Kerupuk saat 17 Agustus?

Kerupuk juga jadi elemen wajib dalam lomba makan kerupuk setiap perayaan 17 Agustus.

Jenis kerupuk di Indonesia juga sangat beraneka ragam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kerupuk masing-masing yang khas.

Berikut ini aneka ragam kerupuk di Indonesia dilansir dari berbagai sumber:

1. Kerupuk bawang

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan campuran bawang putih. Kerupuk ini punya rasa dan aroma yang khas dengan rasa gurih yang nikmat.

Kerupuk ini mungkin sering kamu temukan jadi pendamping makan nasi goreng kaki lima. Bentuknya bulat kecil, biasanya punya warna putih dengan bagian sisi warna warni.

Ilustrasi kerupuk rambak mentah yang jadi bahan sambal goreng krecekShutterstock/hilmawan nurhatmadi Ilustrasi kerupuk rambak mentah yang jadi bahan sambal goreng krecek

2. Kerupuk kulit

Sesuai namanya, kerupuk ini terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kulit yang sudah bersih kemudian digoreng, dijemur sampai kering, lalu diberi bumbu dan digoreng.

Kerupuk kulit sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Punya tekstur yang sangat renyah dan tebal, dengan rasa gurih yang khas. Kerupuk ini kerap diberi bumbu tambahan seperti bumbu rasa pedas.

Baca juga: Resep Sambal Goreng Krecek Yogyakarta, Olahan Kerupuk Kulit Sapi

Kerupuk ini juga dikenal sebagai kerupuk rambak. Selain dinikmati sebagai camilan, kerupuk kulit juga bisa diolah jadi hidangan lain. Salah satunya adalah diolah jadi krecek khas Yogyakarta.

Ilustrasi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi. SHUTTERSTOCK/FIDIA HELIANTI Ilustrasi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi.

3. Kerupuk gendar

Kerupuk gendar terbuat dari adonan nasi yang dibumbui aneka rempah sehingga rasanya sangat gurih, dengan tekstur renyah.

Nasi dihaluskan dan diberi bumbu, lalu ditumbuk hingga padat dan digiling sampai tipis. Adonan tersebut kemudian dijemur, lalu digoreng jadi kerupuk.

Kerupuk ini juga mudah dibuat di rumah, karena bisa untuk memanfaatkan nasi sisa. Rasanya gurih dan cocok dinikmati sebagai pendamping aneka makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com