Resep dan Tips Bikin Telur Asin Berbumbu, Praktis Tanpa Bubuk Abu

Kompas.com - 18/07/2020, 12:45 WIB
Ilustrasi telur asin ShutterstockIlustrasi telur asin


KOMPAS.com – Selain telur asin rebus biasa, kamu mungkin mudah menemukan telur berbumbu dengan paduan rasa bawang atau pedas.

Baca juga: Kenapa Telur Asin Punya Stempel Khusus pada Cangkangnya?

Ternyata telur asin berbumbu ini juga bisa dengan mudah kamu coba buat di rumah. Caranya mudah, tak jauh berbeda dengan membuat telur asin biasa. Kamu juga tak perlu menggunakan bubuk abu atau bubuk batu bata.

Akun YouTube TheHasanVideo mendemonstrasikan cara membuat telur asin berbumbu di rumah. Caranya mudah dan sederhana, telur asin berbumbu ini juga bisa jadi ide berjualan di rumah.

Resep telur asin berbumbu

Bahan

  • 25 telur bebek atau ayam, sekitar 1,5 kilogram
  • 375 gram garam
  • Air secukupnya
  • 10 cabai keriting merah
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah besar
  • 15 siung bawang putih

Telur asin berbumbuDok. YouTube TheHasanVideo Telur asin berbumbu

Cara bikin telur asin berbumbu

1. Cuci telur sampai bersih. Sebaiknya cangkang telur juga digosok pelan dengan menggunakan spons kasar untuk membuat pori-pori cangkang telur sedikit terbuka sehingga larutan garam dan bumbu bisa lebih meresap. Sisihkan telur.

2. Siapkan bumbunya, cacah kasar bawang putih dan aneka cabai. Bisa menggunakan food processor atau pisau.

3. Jumlah bumbu ini juga bisa disesuaikan dengan selera, jika ingin lebih kuat rasa pedasnya maka tambahkan jumlah cabai.

4. Siapkan wajan, tuangkan air secukupnya yang dibutuhkan. Tambahkan garam, lalu rebus larutan garam hingga mendidih dan garam larut.

“Garam ini untuk takaran 1,5 kilogram telur. Kalau mau menggunakan telur 1 kilogram, takaran garamnya cukup 250 gram. Begitu juga takaran bumbunya dikonversikan.”

5. Jika sudah, matikan api lalu sisihkan larutan garam sampai agak dingin. Siapkan wadah yang sekitaranya cukup untuk merendam telur.

6. Masukkan cacahan cabai dan bawang ke dalam larutan garam yang sudah tidak panas. aduk rata.

7. Masukkan telur ke dalam wadah. Lalu tuang sedikit demi sedikit larutan garam dan bumbu sampai memenuhi wadah dan merendam telur.

Cara buat telur asin berbumbuDok. YouTube TheHasanVideo Cara buat telur asin berbumbu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X