Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Telur Asin di Indonesia, Hasil Kreativitas Masyarakat Pesisir Zaman Kolonial

Kompas.com - 11/07/2020, 17:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Telur asin telah lama jadi bagian dari khazanah kuliner Indonesia. Sejarah telur asin di Indonesia bahkan bisa dirunut jauh hingga masa kolonial sekitar awal abad ke-20.

Baca juga: 4 Tingkat Kematangan Telur Rebus, Pilih Mana buat Sarapan?

Sejarawan Heri Priyatmoko menyebutkan bahwa telur asin merupakan hasil kreativitas masyarakat pesisir pulau Jawa dalam mengolah garam yang berlimpah di sekitar mereka.

“Kalau hanya telur saja enggak cukup. Karena di pesisir kan banyak sekali usaha tambak garam. Mereka mencoba untuk berkreasi, untuk variasi makanan,” kata Heri ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Heri mengatakan bahwa catatan soal telur asin di Indonesia cenderung sulit ditemukan pada catatan sebelum abad ke-20. Ia sendiri mengaku belum mengetahui pada abad berapa tepatnya telur asin mulai muncul di Indonesia.

Ilustrasi telur asinShutterstock Ilustrasi telur asin

Tidak banyaknya catatan mengenai telur asin di Indonesia sebelum abad ke-20 dikarenakan telur asin bukanlah makanan yang biasa dikonsumsi oleh kalangan elit.

Sebaliknya, itu menunjukkan telur asin biasa dikonsumsi oleh masyarakat pribumi kelas bawah.

“Kalau itu makanan elit, dia pasti tercatat. Kalau tidak ya itu memang makanan rakyat yang hidup di pasar tradisional,” tutur Heri.

“Dia tidak pernah muncul dalam Rijstaffel, Kembel Bujono (pessta makanan besar elit Jawa). Tidak pernah hadir di situ, itu bisa ditafsirkan selain sebagai makanan rakyat, kedua karena dia baunya amis banget,” sambung dia.

Telur asin memang cenderung punya bau yang khas dan cukup tajam. Bau tersebut tidak disukai oleh kalangan elit bangsawan dan pemerintah kolonial Belanda.

Hidangan dari telur yang diawetkan selama ratusan tahun bernama Century EggShutterstock.com Hidangan dari telur yang diawetkan selama ratusan tahun bernama Century Egg

Telur asin di dunia

Dilansir dari Michelin Guide Singapore, telur asin telah ada di dunia sejak lama sekali. Bahkan tidak ada catatan sejarah yang benar-benar menyatakan setua apa telur asin atau bagaimana awal mula kemunculannya.

Telur asin pada dasarnya berasal dari kebudayaan China, dan dipercaya telah ada bahkan sebelum munculnya century egg atau telur abadi sajian khas China lainnya yang muncul di banyak cerita rakyat pada masa Dinasti Ming.

Catatan paling awal yang menyebut soal telur bebek yang diasinkan ada di Qimin Yaoshu (Teknik Penting untuk Petani).

Itu adalah sebuah catatan agrikultur China kuno yang berasal dari abad ke-5 masehi yang menyebut instruksi merendam telur bebek dalam air asin selama satu bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com