Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Kuliner dan Budaya Betawi di Setu Babakan, Cocok untuk Anak-anak

Kompas.com - 24/06/2020, 18:16 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setu Babakan disebut juga Situ Babakan merupakan kawasan kampung cagar budaya Betawi yang terletak di Jakarta Selatan.

Di sini, terdapat banyak kegiatan budaya dan penjaja kuliner yang bisa dieksplor bersama anak-anak.

Dalam sesi tur virtual Budaya dan Kuliner Betawi yang diselenggarakan oleh Atourin bekerja sama dengan Wisata Kreatif Jakarta pada Senin (22/6/2020), pemandu tur virtual Ira Lathief mengajak para peserta tur berkeliling kawasan Setu Babakan ini.

Baca juga: 9 Tempat di Jakarta untuk Mengenal Kuliner dan Budaya Betawi

“Kalau tertarik dengan budaya Betawi kita bisa mendapatkan semua pengalaman lengkap. Mulai dari budayanya, kulinernya, banyak juga pertunjukannya. Bisa lihat arsitektur juga, lengkap deh,” kata Ira.

Selain Ira, ada pula Reza Permadi Halim, Founder Atourin, yang juga memandu jalannya tur sambil memperlihatkan kawasan Setu Babakan secara virtual dengan Google Maps Street View serta foto-foto Setu Babakan.

Pertama, para peserta tur diajak untuk melihat area Museum Betawi. Di area museum tersebut, terdapat pula semacam amphiteater outdoor yang cukup luas.

Amphiteater ini biasanya jadi tempat diselenggarakan aneka pertunjukan kebudayaan Betawi.

Baca juga: Ulang Tahun Jakarta, Mengulik Sejarah Kuliner Betawi Alami Akulturasi Budaya

 

Sebelum masa pandemi, biasanya terdapat pertunjukan budaya di hari Sabtu-Minggu dari pagi hingga sore.

Amfiteater di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Kamis (22/3/2018). KOMPAS.com/NURSITA SARI Amfiteater di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Kamis (22/3/2018).

“Ada tari topeng Betawi, tanjidor, gambang kromong, berbagai tarian Betawi, palang pintu juga dimainkan kalau Sabtu-Minggu. Dia paling ramai antara siang ke sore,” papar Ira yang juga pendiri Wisata Kreatif Jakarta.

“Di bagian belakangnya kita bisa lihat ada rumah khas Betawi rumah kebaya, itu tuh kayak rumahnya si Doel. Ada juga rumah Betawi yang modelnya kayak panggung,” sambung Ira.

Setu Babakan ini merupakan kawasan perkampungan orang-orang Betawi. Jadi memang masih cukup banyak orang-orang Betawi yang sejak dulu tinggal disitu.

Baca juga: Ulang Tahun Jakarta, Sudah Pernah Coba 12 Makanan Betawi Langka Ini?

Selanjutnya, Reza pun mulai mengarahkan Google Maps Street View menyusuri kawasan Setu Babakan. Di sebelah kiri Street View terlihat danau yang cukup besar, di sana juga ada perahu naga yang bisa dinaiki oleh pengunjung.

Kemudian Reza lanjut menyusuri jalanan, dan terlihat ada delman yang juga bisa disewa oleh pengunjung mengelilingi kawasan Setu Babakan yang cukup luas.

Tak itu saja, ada pula sanggar Betawi di mana kamu bisa melihat proses pembuatan batik Betawi yang dicap atau ditulis.

Setiap harinya pasti ada proses pembuatan batik yang bisa kamu saksikan atau bahkan kamu coba sendiri.

Legenda sepak bola Liverpool Gary McAllister mencoba membuat kerak telor saat mengunjungi Kampung Budaya Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan, dalam rangkaian LFC World Tour, Jumat (9/3/2018). Legenda Liverpool ini menyaksikan tradisi palang pintu, membatik, membuat kerak telor, dan belajar silat beksi.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Legenda sepak bola Liverpool Gary McAllister mencoba membuat kerak telor saat mengunjungi Kampung Budaya Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan, dalam rangkaian LFC World Tour, Jumat (9/3/2018). Legenda Liverpool ini menyaksikan tradisi palang pintu, membatik, membuat kerak telor, dan belajar silat beksi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com