Kompas.com - 24/06/2020, 18:16 WIB
Anak-anak berlatih menari di sanggar tari di Kampung Betawi Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2013). Kampung Situ Babakan merupakan salah satu kampung betawi yang masih bertahan di Jakarta. Di kawasan yang juga menjadi obyek wisata budaya ini masih dapat ditemukan rumah adat betawi, pembuat dodol dan bir pletok.  KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESAnak-anak berlatih menari di sanggar tari di Kampung Betawi Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2013). Kampung Situ Babakan merupakan salah satu kampung betawi yang masih bertahan di Jakarta. Di kawasan yang juga menjadi obyek wisata budaya ini masih dapat ditemukan rumah adat betawi, pembuat dodol dan bir pletok.


JAKARTA, KOMPAS.com – Setu Babakan disebut juga Situ Babakan merupakan kawasan kampung cagar budaya Betawi yang terletak di Jakarta Selatan.

Di sini, terdapat banyak kegiatan budaya dan penjaja kuliner yang bisa dieksplor bersama anak-anak.

Dalam sesi tur virtual Budaya dan Kuliner Betawi yang diselenggarakan oleh Atourin bekerja sama dengan Wisata Kreatif Jakarta pada Senin (22/6/2020), pemandu tur virtual Ira Lathief mengajak para peserta tur berkeliling kawasan Setu Babakan ini.

Baca juga: 9 Tempat di Jakarta untuk Mengenal Kuliner dan Budaya Betawi

“Kalau tertarik dengan budaya Betawi kita bisa mendapatkan semua pengalaman lengkap. Mulai dari budayanya, kulinernya, banyak juga pertunjukannya. Bisa lihat arsitektur juga, lengkap deh,” kata Ira.

Selain Ira, ada pula Reza Permadi Halim, Founder Atourin, yang juga memandu jalannya tur sambil memperlihatkan kawasan Setu Babakan secara virtual dengan Google Maps Street View serta foto-foto Setu Babakan.

Pertama, para peserta tur diajak untuk melihat area Museum Betawi. Di area museum tersebut, terdapat pula semacam amphiteater outdoor yang cukup luas.

Amphiteater ini biasanya jadi tempat diselenggarakan aneka pertunjukan kebudayaan Betawi.

Baca juga: Ulang Tahun Jakarta, Mengulik Sejarah Kuliner Betawi Alami Akulturasi Budaya

 

Sebelum masa pandemi, biasanya terdapat pertunjukan budaya di hari Sabtu-Minggu dari pagi hingga sore.

Amfiteater di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Kamis (22/3/2018). KOMPAS.com/NURSITA SARI Amfiteater di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Kamis (22/3/2018).

“Ada tari topeng Betawi, tanjidor, gambang kromong, berbagai tarian Betawi, palang pintu juga dimainkan kalau Sabtu-Minggu. Dia paling ramai antara siang ke sore,” papar Ira yang juga pendiri Wisata Kreatif Jakarta.

“Di bagian belakangnya kita bisa lihat ada rumah khas Betawi rumah kebaya, itu tuh kayak rumahnya si Doel. Ada juga rumah Betawi yang modelnya kayak panggung,” sambung Ira.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X