Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ulang Tahun Jakarta, Inilah 5 Pusat Kuliner Betawi di Jakarta

Kompas.com - 22/06/2020, 10:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Walaupun sudah semakin sedikit, beberapa daerah di Jakarta ini tetap berusaha untuk melestarikan kuliner Betawi yang kian lama kian sulit untuk ditemukan.

Baca juga: Resep Sayur Gabus Pucung, Kuliner Khas Betawi yang Kian Langka

Dalam rangka ulang tahun Jakarta yang genap berusia 493 tahun pada 22 Juni 2020, berikut ini lokasi yang tepat untuk berburu kuliner khas Betawi di Jakarta.

Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat jelajah kuliner, gunakan masker dan cuci tangan, serta jaga jarak fisik. Bisa juga dibungkus atau pesan via aplikasi online.

1. Rawa Belong

Kamu mungkin mengenal Rawa Belong sebagai kawasan pasar bunga yang terkenal di Jakarta Barat.

Di sini, kamu juga bisa dengan mudah menemui aneka kuliner khas Betawi. Misanya, nasi uduk khas Betawi yang terkenal dengan semur jengkolnya itu.

Ada pula soto mie, soto Betawi, kue dongal, dan roti buaya yang tersebar di banyak warung kaki lima sekitar kawasan Rawa Belong. Terdapat juga restoran khas Betawi di pinggir jalan raya Rawa Belong.

Bang Udin, generasi kedua pengelola Warung Nasi Uduk Bang Udin di Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta. Usaha warung nasi uduk pertama kali dijalankan oleh ayahnya pada tahun 1986 yakni Dasuki.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bang Udin, generasi kedua pengelola Warung Nasi Uduk Bang Udin di Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta. Usaha warung nasi uduk pertama kali dijalankan oleh ayahnya pada tahun 1986 yakni Dasuki.

2. Condet

Condet sempat ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Hingga kini, aneka kuliner khas Betawi masih tetap lestari di Condet.

Kamu bisa menemukan mulai dari dodol tradisional Betawi, nasi ulam, kue talam, dan masih banyak lagi.

Proses pengadukan adonan dodol betawi berlangsung hingga 6-8 jam untuk mendapatkan hasil yang optimal.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Proses pengadukan adonan dodol betawi berlangsung hingga 6-8 jam untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Meruya

Kawasan Jakarta Barat juga punya sejumlah restoran yang menawarkan kuliner khas Betawi. Ada soto Betawi yang legendaris dan sayur asam khas Betawi.

Tak itu saja, kamu juga bisa menemukan pecak dan pucung yang kian langka di Meruya sini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com