Apa Bedanya Terasi Medan dan Terasi Cirebon?

Kompas.com - 21/06/2020, 15:05 WIB
Ilustrasi terasi udang. shutterstock.com/HarismoyoIlustrasi terasi udang.


JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak daerah penghasil terasi di Indonesia. Sebut saja Medan, Bangka, Cirebon, Lombok, dan masih banyak lagi.

Setiap daerah menghasilkan terasi dengan ciri khas masing-masing. Baik dari segi bahan yang digunakan, tekstur terasi, hingga rasa, dan aromanya.

Baca juga: Cara Simpan Terasi Agar Tidak Berjamur, Bisa Awet Sampai 3 Bulan

Dua jenis terasi populer berasal dari Medan dan Cirebon. Chef Darius Tjahja dari Four Seasons Hotel Jakarta jadi salah satu chef yang sering menggunakan kedua jenis terasi ini.

Lantas, apa perbedaan di antara keduanya?

“Kalau terasi cirebon kan agak basah ya bentuknya. Dia kayak batangan tapi basah, dibungkus pakai daun pisang. Kalau terasi medan itu kan batok kering, dicetak kering gitu,” ujar Darius ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Selain tekstur, warna terasi Medan dan Cirebon juga berbeda. Terasi Cirebon punya warna agak kemerahan, sedangkan terasi Medan warnanya agak hitam.

“Kayaknya kalau terasi cirebon itu udang rebon aja campurannya. Kalau medan kayaknya bukan udang rebon saja, jadi agak hitam,” kata Darius.

Tak itu saja, terasi Medan dan Cirebon juga punya sedikit perbedaan rasa. Menurut Darius, terasi Medan punya cita rasa yang lebih ringan daripada terasi Cirebon.

Ilustrasi terasi udang.shutterstock.com/foodies Ilustrasi terasi udang.

Ibaratnya, jika Darius menggunakan terasi Medan dan terasi Cirebon dengan takaran yang sama pada suatu masakan, maka yang menggunakan terasi Cirebon aromanya akan lebih menonjol.

Perbedaan tekstur akan berpengaruh pada penggunaan terasi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X