Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Bikin Kaldu Kepala Udang, Bisa Buat Kuah Tom Yum

Kompas.com - 20/06/2020, 16:14 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kamu bisa membuat kaldu dengan berbagai macam bahan. Seperti tulang sapi, tulang ayam, tulang ikan, dan bahkan kepala serta kulit udang.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Cara Tahu Udang Segar di Pasar

Konon, kepala udang jadi bagian yang paling enak diolah jadi kaldu. Chef Darius Tjahja dari Four Seasons Hotel Jakarta membenarkan hal tersebut.

Kepala udang bisa jadi bahan dasar membuat kaldu untuk campuran masakan seperti tom yum dan tekwan, serta menghasilkan rasa kaldu nikmat.

Ilustrasi udangShutterstock Ilustrasi udang

“Kalau membuat kaldu dengan kepala udang atau kulit dan buntutnya, lebih baik dioven sampai kering. Baru habis itu direbus di air mendidih,” kata Darius ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Pasalnya, kepala dan kulit udang yang digunakan untuk kaldu langsung direbus begitu saja dalam keadaan basah, maka kuah kaldu tersebut akan terlihat kotor.

Berikut tahapan bikin kaldu dari kepala udang:

1. Setelah memisahkan kepala udang dari badannya, jangan lupa cuci sampai bersih.

2. Masukkan ke oven dan panggang hingga warnanya berubah kemerahan.

Jika tak punya oven, kamu juga bisa memanaskannya di atas wajan selama beberapa saat. Tak perlu pakai minyak. Namun jika takut wajannya lengket, maka kamu juga bisa menggunakan sedikit minyak.

Sangrai kepala udang selama beberapa saat sampai warnanya berubah kemerahan.

Ilustrasi udang direbus untuk hasilkan kaldu nikmat. SHUTTERSTOCK/LAGUTKIN ALEXEY Ilustrasi udang direbus untuk hasilkan kaldu nikmat.

 

3. Setelah itu angkat kepala udang dan masukkan ke dalam air mendidih.

Untuk perbandingan kepala udang dan air yang bisa digunakan untuk membuat kaldu, hal itu bergantung pada sekuat apa rasa kaldu yang kamu inginkan.

“Kalau mau kuat banget bisa 1:1. Tergantung fungsinya apa. Kalau buat campuran dengan kaldu ayam bisa juga 1:1/2, satu liter air dengan 500 gram kepala udang. Tapi 2:1 lebih bagus lah kalau buat campuran tom yum,” tutup Darius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com