Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Risol Mayo Bayam, Bikin Kulit Risol Pakai Jus Sayur

KOMPAS.com - Padukan jus bayam segar dengan adonan kulit risol untuk membuat risol mayo yang unik. 

Tidak hanya menarik dari sisi penampilan dan rasa, kandungan jus bayam pada adonan risol juga memberikan nutrisi tambahan.

Cara membuatnya serupa dengan risol mayo biasa yakni menggunakan isian daging asap, keju, mayones, irisan telur rebus.

Resep lengkap risol mayo bayam bisa dilihat di buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) karya Dhila Sina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Cara membuat risol mayo bayam

1. Haluskan bayam dan 250 mililiter air bersih menggunakan blender. Lalu saring dan sisihkan jus bayam untuk campuran adonan risol.

2. Aduk semua bahan kulit risol dan jus bayam menggunakan whisker hingga rata dan tidak ada bahan yang menggumpal. Setelah itu saring dan diamkan selama 15 menit.

3. Panaskan teflon anti lengket menggunakan api kecil, lalu beri sedikit minyak. Tuang satu sendok sayur adonan kulit ke dalam teflon dan buat dadar tipis.

4. Ulangi membuat kulit risol hingga adonan kulit habis. Sisihkan.

5. Ambil satu lembar kulit risol lalu masukkan isian dan gulung rapi risol. Celupkan risol ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung panir.

6. Masukkan risol k dalam wadah kedap udara lalu simpan di dalam kulkas sekitar 30 menit.  Setelah itu goreng risol di dalam minyak panas menggunakan api kecil hingga berwarna kuning kecoklatan. Sajikan. 

  • 4 Cara Membuat Kulit Risol Tidak Mudah Sobek
  • 5 Cara Membuat Risoles Panggang, Cara Lain Menikmati Risol

Buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) karya Dhila Sina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2022/08/18/123400375/resep-risol-mayo-bayam-bikin-kulit-risol-pakai-jus-sayur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke