Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Asinan Betawi Bumbu Kacang, Cocok untuk Acara Kumpul Keluarga

KOMPAS.com - Asinan betawi merupakan kuliner khas Betawi yang dibuat dari campuran mi dan aneka sayur dengan siraman bumbu kuah kacang.

Penggunaan asam jawa, cabai, dan gula merah pada bumbu kacang asinan betawi menjadikan makanan ini memiliki cita rasa asam, pedas, dan manis secara bersamaan.

Kuliner ini termasuk mudah dibuat dan cocok disajikan saat acara kumpul keluarga. Apabila kamu ingin mencoba membuatnya, simak resepnya dari Foodplace berikut.

  • Resep Soto Ayam Betawi Tanpa Santan, Enak dan Mudah Dibikin
  • Resep Gado-gado Betawi, Lengkap dengan Bumbu Kacang
  • Resep Soto Betawi Daging Kuah Santan, Nikmat Disantap Selagi Hangat

Cara membuat asinan betawi

1. Haluskan kacang goreng, cabai merah, bawang putih, ebi, taoco, garam, cuka, dan air asam jawa menggunakan blender. Sisihkan.

2. Rebus air dan gula merah hingga gula larut, lalu masukkan bumbu halus dan masak sembari diaduk hingga rata. Sisihkan.

3. Tata mi, selada, tahu, mentimun, asinan sawi, kol, daun lokio, kacang goreng, dan kerupuk di dalam piring saji, lalu siram dengan dengan kuah bumbu kacang. Asinan betawi siap disantap.

https://www.kompas.com/food/read/2022/06/27/080700375/resep-asinan-betawi-bumbu-kacang-cocok-untuk-acara-kumpul-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke