Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fakta Menarik Peternakan Ayam McDonald's di Indonesia

KOMPAS.com - McDonald's Indonesia mengajak pers melihat peternakan ayam mereka di Cianjur, Jawa Barat, melalui tur virtual pada Rabu (18/5/2022). 

"McDonald's Indonesia menyadari bahwa masyarakat Indonesia saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi," kata Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka pada acara tur virtual. 

"Mereka tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan," jelasnya. 

Sutji menambahkan melalui tur virtual ini McDonald's ingin meyakinkam konsumen akan apa yang disantap. 

Perlu diketahui peternakan McDonald's ini tidak dapat dikunjungi oleh umum, harus memiliki izin dan mematuhi syarat yang berlaku. 

Melalui tur virtual, Kompas.com menghimpun beberapa fakta menarik mengenai peternakan ayam yang memasok daging ayak ke McDonald's Indonesia seperti berikut. 

  • 7 Ide Olahan Daging, Ayam, dan Seafood Sisa BBQ yang Enak
  • Apakah Daging Ayam Perlu Dicuci?

1. Peternakan ayam McDonald's Indonesia ada di Cianjur

Peternakan ayam yang memasok daging ayam ke Indonesia milik PT. QL Trimitra. 

Total luas peternakan ayam ini mencapai 14 hektar, memiliki 20 kandang. Satu kandang ayam populasinya mencapai 35.000 ekor ayam. 

"Biosecurity ini bagaimana cara kita mencegah penularan kontak virus ke populasi ayam yang ada di peternakan, sehingga mengurangi penularan rantai penyakit. 

Baik itu kendaraan atau individu harus disemprotkan disinfetan, juga menggunakan pakaian sesuai peraturan. Semua regulasi harus dengan standar biosecurity," kata QA Manager McDonald's Indonesia, Imam Gazali.  

3. Pentingnya kesejahteraan ayam 

"Jika memenuhi prinsip kesejahteraan hewan, dagingnya lezat dan empuk. Kesejahteraan ayam terpenuhi juga berbanding lurus dengan keuntungan perusahaan," kata Imam. 

Kesejahteraan ayam ini mulai dari kandang ayam yang memiliki standar khusus, seperti kandang yang tertutup tetapi memiliki ventilasi udara. 

Setiap kandang ayam juga memiliki pengatur kelembaban dan suhu otomatis. 

Selain itu ayam harus memiliki ruang gerak yang cukup dan pada bagian dasarnya diberi sekam sehingga ayam tidak menginjak tanah langsung. 

"Harus ada sekam dengan ketinggan 5-10 cm. Setiap saat sekam bisa diganti. Biasanya dua hari sekali. 

Selain itu Imam juga menjelaskan kandang ayam jantan dan betina dipisahkan, agar pembagian pakan pada ayam dapat rata. Air minum ayam juga difilter untuk mencegah kontaminasi bakteri atau virus.

Selanjutnya, peternakan ayam ini juga disebutkan memiliki tenaga ahli hewan yang mengecek kesehatan ayam secara berkala. 

"Jika ada ayam sakit atau tidak nyaman dengan fisiknya akan dipisahkan unutk pemeriksaan lebih lanjut. Dilihat dari fisik ayam tegak, kokoh, jalan tidak menyeret, bobot sama yang ditentukan usianya, tidak gelisah, dan nafsu makan baik," jelasnya. 

Ayam untuk McDonald's Indonesia ini dipanen saat berusia 28-35 hari dengan bobot 1.600 gram - dua kilogram. 

"Bobot ini lengkap dengan bulu-bulunya," kata Imam. 

Setelah panen, ayam akan dibawa ke rumah pemotongan hewan yang lokasinya 30 menit dari peternakan. 

"Di sini juga kesejahteraan ayam harus diperhatikan, dari diambil tidak dari sayap karena bisa memar atau patah," jelas Imam. 

"Jumlah ayam dibatasi saat dimasukkan kandang untuk membawanya (ke rumah pemotongan hewan), kemudian ayam diperlakukan sedemikian rupa agar tidak stres sampai dipotong," katanya. 

5. Pemotongan ayam

Setelah sampai ke rumah pemotongan hewan, ayam-ayam McDonald's ini akan melalui beberapa tahapan. 

Mulai dari pemeriksaan kesehatan unggas. Proses penyembelihan dengan syariat Islam, penipisan darah, pelepasan bulu, pembersihan ayam menyeluruh, dan pembersihan ayam dengan suhu tertentu. 

Setelah daging ayam sudah bersih, dipotong menjadi sembilan bagian yang merupakan ukuran favorit ayam goreng McDonald's Indonesia. 

"Setelah dipotong, dimarinasi dengan bumbu, dikemas, dan dicek dengan mesin metal detector agar tidak ada barang asing," jelas Imam. 

Barulah daging ayam yang sudah dibumbui tersebut dikirim ke gerai McDonald's Indonesia dengan suhu 1-4 derajat Celcius. 

6. Jumlah konsumsi ayam di gerai McDonald's Indonesia

Imam menjelaskan dalam sehari McDonald's Indonesia membutuhkan 30.000 ekor ayam yang disalurkan ke gerai-gerainya. 

"Sebulan McDonald's Indonesia butuh 900.000 ekor ayam," jelasnya. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/05/19/150700275/6-fakta-menarik-peternakan-ayam-mcdonald-s-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke