Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Egg Tart Bantat dan Amis? Hindari 6 Kesalahan Ini...

KOMPAS.com - Cara membuat egg tart mengembang sempurna cukup rumit. Kamu harus memastikan adonan kulit dan bahan isian sudah tepat.

Sebab, salah membuat puff pastry dapat menyebabkan egg tart tidak mengembang dan berlapis.

Sementara bahan isian egg tart berupa custard bisa mengeras jika tidak dibuat dengan tepat.

Sebaiknya, simak dan hindari enam kesalahan saat membuat egg tart, seperti dijelaskan oleh pemilik Holyegg Levina Ganisa Limtama berikut ini.

1. Mentega tidak dioles merata

Mentega atau korsvet merupakan bahan penting dalam pembuatan adonan puff pastry. Menurut Levina, jenis lemak ini harus dioles merata agar hasil egg tart mengembang dan renyah.

"Kalau menteganya gak rata atau gimana, bisa bantat atau gak mengembang gitu. Melapisi menteganya bisa tiga sampai lima kali (secara berkala)," kata Levina saat ditemui Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

Aroma egg tart biasanya akan langsung tercium sesaat ke luar dari panggangan. Wangi pastry ini tidak bisa kamu dapatkan jika salah memilih jenis telur untuk membuat egg tart.

Levina mengatakan, dirinya biasa menggunakan jenis telur ayam kampung omega. Telur ini tidak akan meninggalkan bau amis pada egg tart.

Selain itu, warna isian egg tart atau custard juga akan terlihat lebih oranye dan mengilap.

Selain kuning telur, whipping cream juga dibutuhkan untuk membuat custard. Levina menyarankan, sebaiknya gunakan whipping cream berkualitas agar egg tart terasa lezat.

"Whipping cream yang setengah dairy setengah enggak itu kadang bikin hasilnya malah kurang enak. Pakai whipping cream yang cair ya," kata Levina.

Custard harus dimasak menggunakan api kompor kecil. Jika memakai api besar, tekstur custard akan menggumpal dan gosong.

"Kita harus aduk sampai mendidih, baru kita matiin. Itu jangka waktunya lama, 15-20 menit untuk satu panci," tutur Levina.

5. Mengisi kulit egg tart dengan custard panas

Jangan buru-buru mengisi egg tart dan memanggangnya. Menurut Levina, custard harus bersuhu ruang terlebih dulu, baru aman diisi ke dalam kulit egg tart.

"Jadi selesai kita aduk, gak bisa langsung dipakai sih, kita harus tunggu diam beberapa jam dulu sampai dia benar-benar gak ada dingin atau panasnya," ujar Levina.

"Kalau misalnya pas habis bikin custard langsung kita pakai, itu hasilnya gak bagus, bisa gak mengilap, itu tricky banget," tambahnya kepada Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

6. Suhu oven salah

Terakhir, suhu oven atau pemanggangan memengaruhi hasil akhir egg tart. Jika terlalu panas, egg tart tidak mengembang dan gosong.

"Durasi memanggangnya itu tergantung ovennya tetapi biasanya 180 derajat celsius selama 45 menit. Habis itu bisa dikeluarkan, putar, lalu finishing egg tart yang masih putih," kata Levina.

https://www.kompas.com/food/read/2022/04/12/190900375/kenapa-egg-tart-bantat-dan-amis-hindari-6-kesalahan-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke