Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Yangko di Yogyakarta yang Terkenal, Beli untuk Oleh-oleh

KOMPAS.com - Ada banyak makanan khas Yogyakarta yang bisa dibawa untuk oleh-oleh. Selain bakpia, kamu pun dapat membawa yangko sebagai buah tangan.

Sebagai gambaran, yangko adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan. Kudapan ini sering disebut dengan mochi ala Yogyakarta karena bahan dan teksturnya mirip. 

  • Sejarah Yangko, Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Mirip Mochi
  • Resep Yangko Isi Kacang Tanah, Teksturnya Kenyal Seperti Mochi

Berikut Kompas.com kumpulkan tujuh tempat beli yangko di Yogyakarta yang bisa dikunjungi.

1. Yangko Pak Prapto

Toko oleh-oleh Yangko Pak Prapto konon sudah membuat yangko sejak tahun 1912.

Di tempat ini kamu dapat mencicipi yangko dengan beragam rasa. Tak perlu khawatir, harganya terjangkau, sekitar Rp19.000 per kotak. Satu kotak berisi sekitar 30 buah. 

Lokasi Yangko Pak Prapto ada di Jalan Pramuka Nomor 82, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jam operasional tokonya pukul 08.00-21.00 WIB. 

Jika mengincar yangko original sebaiknya datang pada pagi hari supaya tidak kehabisan.

Yangko Giant memiliki beragam varian yangko yang menarik untuk dicoba, seperti melon, cokelat, stroberi, hingga durian. Untuk harganya, sekitar Rp 20.000-an.

Sebetulnya merek yangko ini tersedia di beberapa toko oleh-oleh di Yogyakarta. Namun jika ingin lebih mantap kamu bisa datang langsung ke tempat produksinya. 

Alamatnya ada di Gg. Apel Nomor 1047, Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Menurut peta digital, jam operasional pukul 08.00-21.00 WIB. 

3. Yangko Mira

Yangko Mira berlokasi di Kitren, Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Di tempat ini kamu bisa membeli yangko yang baru saja dibuat. 

Pengemasan yangkonya juga aman karena memakai kardus, sehingga bisa dibawa untuk oleh-oleh. Jika beli lebih dari 10 kotak, kamu pun akan mendapatkan bonus. 

Jam operasional Yangko Mira setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB. 

Toko Yangko STW menjual berbagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Di sini kamu bisa membeli yangko maupun bakpia dengan harga terjangkau, mulai Rp 18.000. 

Jika ke sini kamu wajib membeli yangko isi kacang, karena menu tersebut terkenal enak. 

Lokasi toko Yangko STW ada di sekitar Jalan Sarirejo, Singosaren II, Singosaren, Kecamatan Banguntapan, Kota Yogyakarta. Jam buka tokonya pukul 06.00-21.00 WIB.

5. Yangko Rima

Apabila sedang lewat di jalur selatan Yogyakarta, kamu bisa mampir ke toko Yangko Rima.

Lokasi tepatnya ada di Jalan Cemara Nomor 20, Jotawang, Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. 

Yangko di toko ini memiliki tekstur yang kenyal serta rasa manis yang pas. Selain itu, pilihan rasanya juga banyak, bahkan ada berbagai macam buah. 

Jam operasional Yangko Rima setiap Senin-Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB. 

6. Yangko Vega

Buatmu yang sedang mencari yangko dan bakpia untuk oleh-oleh bisa langsung datang ke toko Yangko Vega.  Alamatnya ada di Jalan Sidokabul RT 25 RW 7, Sorosutan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Toko yangko ini selalu membuat kuenya setiap hari sehingga dijamin kesegarannya. Sayangnya tak diketahui pasti berapa harga yangko di toko ini. 

Jika penasaran kamu bisa langsung datang ke alamat tersebut. Jam bukanya pukul 06.00-21.00 WIB.

7. Yangko Bu Cip

Yangko Bu Cip menyediakan yangko dengan isian kacang serta rasa yang beragam. Pilihan rasanya ada cokelat, durian, stoberi, dan nangka.

Jika ingin menikmati yangko yang baru jadi, kamu bisa langsung datang ke rumah produksinya. Lokasinya ada di sekitar Jalan Balong kidul, Banjardadap, Potorono, Kecamatan Banguntapan, Bantul. 

Namun tak diketahui pasti jam buka rumah produksinya. Untuk itu, lebih baik jika datang pagi supaya tidak kecele. 

Selain ketujuh rekomendasi di atas, kamu bisa datang ke toko oleh-oleh lainnya untuk membeli yangko. Rata-rata toko oleh-oleh di Yogyakarta juga memiliki yangko enak yang bisa dicoba. Jadi, kamu tak perlu bingung memilih. 

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/07/181100075/-7-yangko-di-yogyakarta-yang-terkenal-beli-untuk-oleh-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke