Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Bedanya Macaron dan Macaroon? Sering Disangka Sama

KOMPAS.com - Ada banyak perbedaan antara macaron dan macaroon. Keduanya merupakan kue kering yang sering kali disangka satu menu makanan.

Melansir dari laman The Spruce Eats dan MasterClass, berikut penjelasan mengenai perbedaan macaron dan macaroon yang menarik untuk diketahui.

Macaron berasal dari Italia tetapi cukup populer di Perancis dengan cara membaca mack-a-rohn.

Sementara macaroon berasal juga dari Italia tetapi cukup populer di Inggris dengan cara membaca mack-ah-roon, seperti yang disebutkan dalam laman The Spruce Eats.

Bahan utama membuat macaron dan macaroon sebenarnya sama yaitu putih telur yang dikocok. Namun, ada beberapa bahan utama lainnya yang berbeda.

Macaron terbuat dari putih telur yang dikocok dengan gula, garam, ekstrak vanili, dan tepung almond.

Sementara macaroon terbuat dari putih telur yang dikocok dengan garam, ekstrak vanili, susu kental manis, dan kelapa parut.

Perbedaan macaron dan macaroon juga ada pada cara membuatnya. Macaron khas Perancis dibuat dengan dua langkah pembuatan yang utama.

Itu adalah mengocok telur dan memasukkan tepung dan bahan lainnya.

Lakukan langkah yang pertama dengan mengocok putih telur dan gula hingga kaku. Setelah itu, tambah dengan ekstrak rasa dan pewarna.

Masukkan bahan kering seperti tepung ke dalamnya. Aduk perlahan hingga membentuk adonan.

Adonan dimasukkan ke dalam piping bag, semprot di atas loyang, dan panggang hingga matang.

Sementara itu, macaroon dibuat dengan cara mencampurkan kelapa parut, susu kental manis, dan vanila ke dalam mangkuk besar.

Ketiga bahan tersebut dicampurkan dalam mangkuk. Di lain wadah, kocok putih telur dan garam hingga kaku. Masukkan campurkan kelapa parut ke dalam kocokan putih telur.

Aduk hinga membentuk adonan. Ambil satu sendok makan adonan dan taruh di atas loyang. Panggang hingga matang. Biasanya macaroon disajikan untuk teman minum teh.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/27/131700075/apa-bedanya-macaron-dan-macaroon-sering-disangka-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke