Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Bahan Pengganti Jintan untuk Masak, Perhatikan Takarannya

KOMPAS.com - Jintan merupakan salah satu rempah yang dapat aroma masakan. Pemakaian jintan tidak hanya pada masakan Indonesia, tapi juga hidangan khas Timur Tengah dan India. 

Jika kebetulan sedang kehabisan jintan di rumah, kamu bisa menggantinya dengan beberapa bahan lain. Bahan tersebut dapat menghasilkan aroma khas yang mirip dengan jintan.

Berikut bahan pengganti jintan mengutip dari The Spruce Eats.

  • Apa Itu Jintan, Rempah untuk Menambah Aroma Masakan?
  • Fungsi Jintan pada Masakan, Bikin Gulai dan Opor Makin Sedap
  • 2 Cara Pilih Jintan yang Bagus untuk Masak

1. Jintan hitam 

Ada berbagai jenis jintan yang umum digunakan untuk memasak, seperti jintan putih dan jintan hitam. Kedua jenis jintan ini bisa saling menggantikan. 

Namun takaran penggunannya perlu disesuaikan. Oleh karenanya, dianjurkan untuk menambahkan sedikit demi sedikit rasanya sesuai.

2. Biji ketumbar 

Bahan pengganti jintan lainnya yaitu ketumbar. Kendati demikian, penggunannya hanya untuk beberapa masakan saja, misalnya hidangan berkuah. 

Namun perlu diketahui bahwa ketumbar tidak memiliki sensasi rasa yang menghangatkan, jadi takarannya perlu disesuaikan.

Jika dalam resep membutuhkan satu sendok makan ketumbar, maka kamu bisa menggantikannya dengan setengah sendok makan ketumbar.

Selain itu, pertimbangkan pula untuk menambahkan sedikit cabai supaya hidangan lebih hangat.

Garam masala adalah perpaduan dari beragam rempah yang dipanggang lalu dihaluskan. Beberapa rempah yang dipakai di antaranya ketumbar, kapulaga, lada hitam, cengkih, dan pala.

Garam masala memiliki aroma dan rasa yang khas, mirip seperti jintan. Oleh karenanya, garam masala bisa digunakan sebagai bahan pengganti jintan. 

  • Apa itu Garam Masala? Bumbu khas India yang Bikin Sedap Masakan
  • Cara Bikin Garam Masala Sendiri, Racikan Rempah Khas India

Takaran penggunaannya, yakni setengah dari jintan yang dibutuhkan. Misalnya jika masakan membutuhkan satu sendok jintan, maka kamu hanya perlu menggantinya dengan setengah sendok garam masala. 

4. Bubuk kari 

Bubuk kari dapat menjadi bahan pengganti jintan. Pasalnya, dalam bubuk kari terdapat banyak rempah yang khas, seperti lada hitam, kunyit, ketumbar, dan kayu manis. 

Tak jarang, ada pula bubuk kari yang menambahkan jintan dalam bahannya. Untuk itu, kamu bisa menggunakan bumbu bubuk ini sebagai alternatif. 

Meski begitu kamu perlu mempertimbangkan resep yang dibuat. Sebab, bumbu kari mengandung kunyit yang bisa mengubah sedikit rasa dan warnanya. 

Sebagai panduan, baiknya gunakan rasio 1:2 untuk bubuk kari dan jintannya.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/18/120400075/4-bahan-pengganti-jintan-untuk-masak-perhatikan-takarannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke