Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Goreng Sayap Ayam agar Empuk dan Tidak Alot

KOMPAS.com - Sayap ayam banyak disukai karena memiliki tekstur yang renyah saat digoreng. Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuatnya cocok disajikan sebagai camilan. 

Walau demikian, cara menggoreng sayap ayam gampang-gampang susah. Jika metodenya penggorengannya keliru, sayap ayam menjadi kering dan alot karena ukurannya kecil. 

Namun tidak perlu khawatir, berikut ini ada cara menggoreng sayap ayam supaya empuk dan tidak alot. 

1. Pakai minyak dengan titik asap tinggi

Gunakan minyak dengan titik asap tinggi untuk menggoreng sayap ayam. Dikutip dari Leaf.tv, Kamu dapat memakai minyak kacang, minyak sayur, dan minyak kanola.

Penggunaan minyak ini dapat membuat sayap ayam matang sempurna dengan kulit yang renyah. Sekalipun sayap tersebut dilapisi dengan tepung. 

2. Goreng dengan minyak panas dan banyak 

Minyak untuk menggoreng sayap ayam harus sudah benar-benar panas dan banyak. Jika tidak, kulitnya kurang renyah dan berminyak. 

Selain itu, gunakan pula minyak yang cukup banyak. Pastikan semua bagian sayap terendam agar hasil penggorengannya lebih renyah. 

3. Perhatikan durasi menggorengnya 

Durasi untuk menggoreng sayap ayam harus benar-benar diperhatikan. Jika tidak, sayap ayam akan kering dan alot. 

Waktu menggoreng yang dianjurkan yakni sekitar sembilan sampai 12 menit, seperti dikutip dari All Recipes.

Untuk mengecek tingkat kematangannya, masukkan termomter baca ke bagian daging yang paling tebal. Suhu kematangannya yakni sekitar 74 derajat celius. 

Setelah matang, segera tiriskan sayap ayam dalam saringan peniris lalu tempatnya di loyang yang sudah dialasi tisu dapur. Hal ini perlu dilakukan supaya sayap ayam tidak berminyak. 

4. Goreng dengan air fryer

Jika ingin lebih sehat, sayap ayam dapat digoreng menggunakan air fryer.

Sebelum digoreng, atur jarak atau tata sayap ayam agar tidak bersentuhan. Kemudian, goreng dengan suhu 110 derajat celcius, selama 12 menit, seperti dilansir dari Food Network, 

Setelah itu, balik sayap ayam lalu masak kembali selama 12 menit. Dengan durasi dan pengaturan suhu tersebut, sayap ayam akan matang sempurna dan tidak alot dagingnya. 

Bagian kulitnya pun menjadi lebih renyah dan garing. 

https://www.kompas.com/food/read/2021/07/04/110800875/4-cara-goreng-sayap-ayam-agar-empuk-dan-tidak-alot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke