Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Tempat Makan Tongseng yang Enak di Yogyakarta, Ada Tongseng Pak Min

KOMPAS.com - Tongseng merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang bisa kamu cicipi di Yogyakarta.

Hidangan yang lezat ini wajib dicoba oleh pencinta daging. Kuah tongseng punya cita rasa yang nikmat dengan perpaduan manis, gurih, dan pedas.

Buat kamu yang pencinta daging, bisa mampir ke tempat makan tongseng enak di Yogyakarta berikut ini.

Namun perlu diperhatikan, saat pandemi seperti sekarang ini baiknya membungkus makanan dan menikmatinya di rumah bersama keluarga. Yuk, simak rekomendasinya.

1. Satai dan Tongseng Pak Min

Menjajakan kuliner bercita rasa sedap dengan gerobak, Pak Min biasa berjualan di daerah Jalan Letjen Suprapto, Gedong Tengen, Yogyakarta.

Selama lebih dari 30 tahun, Pak Min menjajakan satai dan tongseng dengan rasa yang khas. Tongsengnya diracik dengan bumbu rempah dan santan yang kental.

Harga per porsi tongseng dibanderol sekitar Rp 23.000, sudah lengkap dengan nasi putih hangat dan es teh segar.

Tongseng dan Gule Mbah Salam sudah ada sejak tahun 1940an. Lokasinya berada di Pasar Kotagede.

Menyajikan menu tongseng yang dimasak di atas tungku yang membuat cita rasanya semakin khas. Mbah Salam mengandalkan bumbu rempah sebagai racikan kuah tongsengnya.

Harga per porsi tongseng dibanderol sekitar Rp 15.000. Selain menu tongseng, ada menu gulai yang bisa kamu coba di sini.

3. Tongseng dan Gulai Kambing Mbah Jadi Paker

Seperti namanya, tempat makan enak di Yogyakarta ini menyajikan tongseng dengan daging yang empuk. Harga tiap porsi tongseng dibanderol sekitar Rp 20.000.

Lokasinya berada di sekitar perempatan Paker, Bambanglipuro, Bantul. Buka hanya sampai 12.000 WIB atau sampai habis.

4. Tongseng Mbah Darmo

Ada menu andalan di Tongseng Mbah Darmo, selain tongseng, yaitu sate kambingnya yang empuk dan punya aroma anti prengus.

Dalam setiap porsi tongsengnya, potongan daging kambingnya tebal. Dilengkapi juga dengan irisan kol dan cabai merah ulek yang cocok dicoba para pencinta pedas.

Harga per piring tongseng dibanderol sekitar Rp 23.000. Lokasinya berada di Jalan Arimbi Nomor 483, Jomblangan, Banguntapan, Bantul. Buka dari pukul 09.00-17.00 WIB.

5. Warung Sate & Gulai Kambing "Mbah So"

Warung makan di Yogyakarta ini sudah ada sejak thaun 1999. Ada banyak menu olahan daging kambing yang bisa dicoba.

Seperti sate bakar, sate goreng, tongseng, gulai, hingga sate klathak yang memanjakan lidah para pengunjung.

Tongseng kambingnya dimasak hingga dagingnya empuk. Disajikan dengan irisan kubis dan disiram dengan kuah santan yang kental.

Ditambahkan pula cabai rawit hijau biar lebih pedas. Harga per porsinya sekitar Rp 20.000.

Lokasinya berada di Jalan R.Ronggo Nomor 32, Desa Karag, Prenggan, Kotagede. Buka dari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB.


6. Warung Sate Kandang Pak Sukirno

Sate Kandang Pak Sukirno berada di tengah kampung Dusun Sribit, Desa Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul. Buka hingga tengah malam.

Kalau kamu datang ke sini dan kehabisan menu olahan daging kambing. Pak Sukirno siap menyembelih kambing saat itu juga.

Racikan bumbu tongseng hingga sate kambingnya terasa lezat dan tak pernah mengecewakan. Harga per porsinya sekitar Rp 20.000.

7. Tongkleng Nglotok

Bingung dengan makan tongseng atau tengkleng? Di sini, kamu bisa menikmati dua olahan daging kambing dalam satu mangkuk.

Menu tongkleng di Tongkleng Nglotok, Yogyakarta ini disajikan dari daging, iga, hingga sumsumnya. Harga per porsinya dibanderol sekitar Rp 40.000.

Lokasinya berada di Jalan Masjid Al Jihad, Dayu, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Buka dari pukul 09.00-20.30 WIB.

8. Tongseng Pak Kribo

Buka sejak tahun 1988, Tongseng Pak Kribo menjajakan sepiring tongseng di sebuah gerobak pikul di bawah tenda. Terlihat ada daging yang digantung di atas tungku bara api.

Cita rasa dari seporsi tongsengnya terasa manis dan berkaldu. Menggunakan daging kambing berusia 8 bulan hingga 1 tahun yang membuatnya terasa empuk saat diolah.

Harga per porsi tongseng sebesar Rp 30.000. Tambah Rp 5.000 sudah mendapatkan satu piring nasi putih yang hangat.

Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM 17 (Barat apotek K24), Pakem, Yogyakarta. Buka dari pukul 17.30-22.00 WIB.

9. Sate Tongseng Gulai & Kambing Guling SRI REJEKI

Buat kamu yang berada di Jalan Wonosari, Sandeyan, Bantul, tidak ada salahnya untuk mampir ke Sate Tongseng Gulai & Kambing Guling SRI REJEKI.

Ada aneka menu tongseng, seperti tongseng kambing, tongseng kepala, tongseng ayam, dan tongseng ati.

Harga per menu tongengnya mulai dari Rp 22.000 sampai Rp 30.000. Harga yang ditawarkan masih belum termasuk nasi. Tambah nasi putih hanya Rp 4.000.

Kalau kamu tidak suka dengan daging kambing termasuk olahannya. Kamu bisa coba tongseng ayam yang ada di Jalan Jend. Sudirman Nomor 59B, Nyangkringan, Bantul. Buka dari pukul 07.00-15.00 WIB.

Tekstur dari daging ayamnya terasa empuk dan bumbunya merasuk hingga ke serat daging. Alat memasak yang digunakan juga masih tradisional seperti cobek hingga lumpang.

Harga per porsi tongseng ayam dibanderol mulai dari Rp 10.000.


11. Tongseng Ayam Kampung Pasar Pleret

Di daerah Pasar Pleret juga ada warung makan tongseng ayam enak dengan harga yang cukup murah hanya Rp 15.000.

Daging ayamnya dimasak terlebih dahulu sampai empuk dan diracik dengan bumbu tongseng. Buat yang suka rasa pedas bisa minta tingkat kepedasan sesuai selera.

12. Tongseng Ayam Moro Seneng

Masih dengan tongseng daging ayam, di belakang komplek Kantor Bupati Bantul, ada warung makan tongseng yang terkenal enak.

Mengggunakan ayam kampung yang dagingnya empuk dan tidak alot sama sekali. Saat menyajikannya, irisan kolnya terbilang melimpah.

13. Warung Tongseng Dan Sup Ayam "Mbak Prasti"

Tempat makan tongseng di Jogja ini menawarkan menu tongseng dengan berbagai bagian ayam, seperti daging, kepala, ceker, hingga sayap dengan harga mulai dari Rp 10.000 hingga 12.000.

Lokasinya berada di Jl. Krapyak Wetan Nomor 152, Krapyak Wetan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 16.00-22.00 WIB.

Menjajakan tongseng dengan gerobak sepeda, Pak Tumijo meracik bumbu tongseng dengan tungku bara api yang membuat hidangannya bercita rasa khas.

Harga per porsi menu tongseng dijual sebesar Rp 25.000. Lokasinya berada di Jalan Hayam Wuruk Nomor 29-321, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 06.00-10.00 WIB.

15. Sate, Gulai & Tongseng Kambing Pak Ipuk

Ada menu tongseng mercon ayam dan kambing yang bisa kamu nikmati dengan harga Rp 19.000 dan Rp 28.500 untuk tongseng mercon kambing.

Buat kamu yang tidak sudah rasa pedas, bisa pilih tongseng kambing atau ayam saja. Selain tongseng, ada aneka menu sate yang bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 9.000 untuk 10 tusuknya.

Lokasi Sate, Gulai & Tongseng Kambing Pak Ipuk berada di Jalan Menukan No. 239 (Timur Pom Bensin Jogokaryan), Mergangsan, Yogyakarta. Buka dari pukul 11:30-21:00 WIB.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/25/123300175/15-tempat-makan-tongseng-yang-enak-di-yogyakarta-ada-tongseng-pak-min

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke