Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Kimchi Sederhana ala Rumahan

KOMPAS.com - Ada banyak cara membuat kimchi sederhana khas Korea yang bisa diikuti. Semua resep memiliki bahan dan teknik tersendiri untuk menciptakan rasa yang khas.

Seperti halnya dengan resep kimchi sederhana yang dilansir dari SBS berikut. Resep ini menambahkan udang rebon fermentasi sebagai penambah rasa asin dalam kimchi tradisional.

Rasa dari udang yang difermentasi ini memiliki rasa yang cukup asin. Biasanya digunakan sebagai pengganti garam. Udang fermentasi ini bisa ditemukan di supermarket Korea dengan kemasan botol.

Berikut resep kimchi tradisional dengan cara pembuatan sederhana yang bisa kamu ikuti.

Resep kimchi tradisional

Bahan:

Cara membuat kimchi tradisional

1. Campurkan 100 gram garam dengan air secukupnya. Aduk hingga garam larut. Tuang air garam di atas kubis, diamkan selama tiga jam. Kalau kubis sudah layu, angkat, cuci, dan tiriskan kubis.

2. Dalam lain wadah, campurkan 100 gram garam dengan air secukupnya. Aduk hingga garam larut. Tuang air garam di atas lobak, diamkan selama 15 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.

3. Tuang 100 ml air ke mangkuk berisikan tepung beras. Didihkan dengan api kompor kecil hingga mengental. Tuang ke dalam mangkuk dan biarkan dingin.

4. Campurkan bubuk cabai Korea dengan pasta beras. Aduk-aduk.

5. Haluskan bawang putih, jahe, bawang bombai, dan udang fermentasi dengan menggunakan blender hingga halus. Tuang di wadah berisikan campuran bubuk cabai dan pasta beras.

6. Campurkan semua bahan ke dalam kubis dan lobak dalam mangkuk besar. Tambahkan irisan daun bawang.

7. Masukkan kimchi ke dalam toples kaca atau wadah tertutup. Biarkan proses fermentasi selama 2-3 menit di suhu ruangan. Setelah itu, kamu bisa menyimpan kimchi di lemari es.

https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/150900875/cara-membuat-kimchi-sederhana-ala-rumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke