Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Oleh-Oleh Khas Solo, Ada Serabi Notosuman dan Kue Mandarijn Orion

KOMPAS.com - Solo atau dikenal juga dengan Surakarta, merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Menyimpan banyak kuliner, solo juga bisa kamu jadikan tempat wisata kuliner.

Salah satu makanan khas yang paling terkenal adalah serabi. Solo memiliki banyak camilan atau makanan ringan yang bisa kamu bawa pulang, untuk dijadikan oleh-oleh.

Berikut enam oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang beserta tempat membelinya, mulai dari intip hingga kue mandarijn:

Ada dua serabi notosuman di Solo, yakni Ny Lidia dan Ny. Handayani. Perbedaan paling signifikan yang bisa dilihat adalah warna pada bangunan toko dan juga kemasan. Ny. Lidia bernuansa hijau, sedangnya Ny. Handayani bernuansa oranye.

Tampak luar dari toko Ny. Lidia, terlihat lebih ramai pengunjung. Selain itu, pembuatan dari serabi bisa kamu saksikan langsung di toko.

Serabi sendiri merupakan kue basah, yang bisa disajikan terbuka, maupun digulung dengan daun. Terbuat dari tepung beras, santan, gula, dan pandan, serabi memiliki tekstur kenyal, dan lembut.

Serabi Notosuman Ny. Lidia menjual dua varian rasa, yakni serabi biasa dan serabi coklat. Untuk harga, serabi biasa Rp 2.300 per buah, sedangkan yang coklat Rp 2.500 per buah.

Kamu bisa membeli Serabi Notosuman Ny. Lidia ini di Jalan Moh. Yamin No. 28, Surakarta. Buka dari pukul 05.00 - 16.00 WIB.

Selain camilan, ada juga abon yang bisa dijadikan makanan pendamping nasi, atau isi dari roti tawar. Abon mesran solo memiliki abon sapi dan juga abon ayam, abon sapi menjadi andalan.

Abon mesran bisa kamu beli di Toko Abon Mesran Mistopawiro, Jalan Kalilarangan No. 71, Jayengan, Kecamatan Serengan, Surakarta. Buka dari pukul 08.00 - 20.00 WIB.

Harga satu bungkus abon sapi, dengan berat 250 gram, berkisar Rp 70.000. Selain abon, kamu juga bisa membeli beberapa oleh-oleh lain di toko ini seperti, slondok dan aneka sambal.

Kamu hanya bisa menemukan roti kecik ini di Toko Roti Ganep. Bagi warga solo, camilan ini merupakan camilan yang membawa mereka ke masa kecil. Tidak heran, karena toko roti ini memang sudah ada sejak tahun 1881.

Roti kecik sendiri sebenarnya masuk ke dalam kue kering yang terbuat dari tepung ketan. Saat digigit, kamu mendapatkan tekstur keras, namun saat dikunyah akan mengempis dan mendapatkan rasa manis.

Lokasi Toko Roti Ganep berada di Jalan Sultan Syahrir No. 176, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Buka dari pukul 08.00 - 09.00 WIB.


4. Intip

Ada juga camilan tradisional solo lainnya yang patut kamu coba, dan bisa dijadikan oleh-oleh, namanya intip.

Terbuat dari kerak nasi yang diaron lalu digoreng, inthip memiliki ukuran besar dan juga kecil. Intip berukuran bulat besar bisa mencapai diameter 30 cm.

Mirip seperti kerupuk, intip memiliki tekstur renyah, garing, dengan bagian atasnya diberi gula merah. Rasanya asin, dan ada sedikit manis dari gula merah.

Kamu bisa membeli intip di toko oleh-oleh mau pun di warung pinggir jalan sekitaran Solo. Harganya memang beragam, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 20.000, tergantung dari ukuran dan merek.

5. Kue Mandarijn Solo, Orion

Kamu juga bisa mampir ke Toko Oleh-Oleh Orion. Di sini kamu bisa mencari beragam oleh-oleh dan tentunya ada kue mandarijn solo. Kue berwarna coklat dan kuning ini merupakan kue lapis bolu yang lembut.

Harga satu box kue mandarijn yang spesial adalah Rp 110.000. Selain kue mandarijn, ada juga keripik, kacang, hingga kue-kue basah.

Toko Orion berlokasi di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 80, Surakarta. Untuk mempermudah, toko ini berwarna coklat dan kuning. Kamu bisa kunjungi setiap hari, pukul 07.30 - 20.00 WIB.

6. Bakpia Balong Sumber Rejeki

Solo juga memiliki bakpia, tidak kalah dengan kota-kota lainnya. Salah satu bakpia yang melegenda adalah Bakpia Balong Sumber Rejeki.

Sudah ada sejak tahun 1960, bakpia balong khas solo ini memiliki perbedaan ukuran dengan bakpia Yogyakarta. Bakpia balong memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bakpia Yogya yang kecil-kecil.

Ada beragam isian rasa; coklat, kacang merah, keju, kacang hijau, coklat, keju, durian, hingga isi daging.
Bakpia Balong Sumber Rejeki berlokasi di Jalan Kapten Mulyadi No.17, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Surakarta. Beroperasi setiap hari, pukul 07.30 - 19.00 WIB.

https://www.kompas.com/food/read/2020/11/10/101000575/6-tempat-oleh-oleh-khas-solo-ada-serabi-notosuman-dan-kue-mandarijn-orion

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke