Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kuliner Mojokerto, dari Sambal Wader sampai Onde-onde

1. Sambal wader

Sambal wader adalah salah satu kuliner khas di Trowulan. Seperti namanya, sajian ini terbuat dari ikan wader. Ikan air tawar yang rata-rata berukuran kecil.

Ada dua jenis sambal wader, yakni sambal uleg dan sambal goreng.

Ikan wader diambil dari Kolam Segaran di sana, yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit.

2. Bubur Sruntul Bu Saudah

Dilansir dari Tribun Travel, Bubur Sruntul Bu Saudah jadi salah satu kuliner legendaris di Mojokerto.

Rasanya legit dengan tekstur yang kenyal. Ada pula kuah santan yang gurih membuat rasa bubur jadi semakin nikmat.

Sang pemilik sudah berjualan selama lebih dari 30 tahun. Bubur Sruntul Bu Saudah terletak di Jalan Mayjen Sungkono, Mergelo, Wates, Mojokerto. Buka setiap hari pukup 07.00-13.30 WIB.

3. Warung Cak Muk

Warung Cak Muk terletak di Jalan Taman Siswa Nomor  49, Mergelo, Purwotengah.

Warung ini menjual aneka makanan seperti tempe penyet, bebek goreng, ayam goreng, ikan mujair, gurame, bandeng presto, dan masih banyak lagi.

Sajian favoritnya adalah tahu gejrot. Satu porsi tahu gejrot terdiri dari tahu, telur, sambal kacang, dan lontong yang disiram dengan kuah sambal yang pedas. Warung Cak Muk buka setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB.

4. Pecel Mbak Toety

Nasi pecel di Pecel Mbak Toety jadi salah satu yang legendaris. Menu favorit di sini adalah nasi pecel dengan telur asin.

Selain itu banyak pula lauk lainnya yang bisa kamu padukan dengan nasi pecel.

Warung Pecel Mbak Toety terletak di Jalan Bhayangkara, Nomor 12, Mergelo, Miji, Prajurit Kulon.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin berwisata kuliner malam hari. Warung Pecel Mbak Toety buka setiap hari pukul 17.00-00.00 WIB.

5. Soto Daging H. Sukron Mahmud

Walaupun berada di Mojokerto, ada warung soto khas Madura yang patut kamu coba.

Soto daging ala Madura berpadu dengan kuah soto yang segar dan gurih. Lengkap dengan potongan daging berukuran besar yang pas untuk sajian sarapan.

Tak hanya daging saja, kamu juga bisa memilih pelengkap berupa jeroan di dalam sotonya. Warung Soto Daging H. Sukron Mahmud terletak di Jalan Mojopahit, Nomor 555, Mergelo, Kranggan, Prajurit Kulon. Buka setiap hari pukul 07.00-09.00 WIB.

6. Sate Bangil Bang Soleh

Setiap daerah punya ciri khas sate masing-masing. Sate bangil khas Mojokerto adalah salah satu kuliner khas yang bisa kamu coba.

Salah satu yang terkenal adalah Sate Bangil Bang Soleh yang terletak di Jalan Majapahit Nomor 428, Mojokerto.

Di sini, kamu bisa pilih sendiri isian sate sesuai selera. Ada lemak dengan daging, tanpa lemak, atau jeroan yang bisa kamu pilih dijadikan sate.

Satu tusuknya berisi tiga sampai empat potong daging kambing. Satu porsi biasa berisi 10 tusuk sate, disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan sedikit sambal.

Tak hanya sate bangil, kamu juga bisa mencoba gulai kambing, kambing guling, sop kambing, sampai nasi kebuli di sini. Kedai Sate Bangil Bang Soleh buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

7. Onde-onde Bo Liem

Jika ke Mojokerto, bisa dibilang kamu wajib untuk membeli onde-ondel di kota berjuluk kota onde-onde ini. Salah satu tempat terkenal menjual onde-onde adalah Onde-onde Bo Liem Jr.

Toko ini telah dirintis sejak 1929 oleh sosok Bo Liem. Kemudian diteruskan oleh anak-anaknya yakni Lelly, Yanick, dan Yolly.

Dari dulu hingga kini, cita rasa onde-onde Bo Liem tidak pernah berubah karena bahan yang digunakan berkualitas. Onde-onde Bo Liem Jr. berlokasi di Jalan Empu Nala 43, Mojokerto.

Selain membeli onde-onde, di sana kamu juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Kedai ini buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/29/115929075/7-kuliner-mojokerto-dari-sambal-wader-sampai-onde-onde

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke