Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi di PEVS 2024, Prodi Teknik Elektro UBL Pamerkan “Sport Bike” Listrik

Kompas.com - 03/05/2024, 12:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - Tim kendaraan listrik Program Studi (Prodi) Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur (UBL) kembali berpartisipasi dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS). Kegiatan ini merupakan tahun ketiga bagi FT UBL di ajang PEVS.

Tim yang dinahkodai dosen Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik UBL tersebut menjadi satu dari empat perguruan tinggi yang diundang memeriahkan PEVS 2024.

Pameran PEVS 2024 berlangsung 30 April hingga 5 Mei 2024 tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Kepresidenan Jend TNI (purn) Muldoko pada Selasa 30 April 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terdapat 116 peserta yang berasal dari produsen mobil dan motor listrik, industri pendukung hingga aksesoris kendaraan listrik dari dalam dan luar negeri, termasuk kalangan perguruan tinggi ambil bagian dalam pameran bergengsi tersebut.

Ketua Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik UBL Peby Wahyu Purnawan menyampaikan kebanggaannya bahwa tim kendaraan listrik Prodi Teknik Elektro FT UBL kembali diundang untuk meramaikan ajang PEVS 2024.

”Ini sebuah prestasi yang luar biasa bagi kami karena dalam ajang PEVS 2024, kami bisa duduk sejajar dengan produsen-produsen kendaraan listrik dengan brand yang sudah dikenal pasar,” ungkap Peby.

Diakui Peby, Prodi Teknik Elektro FT UBL melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik yang dinahkodai Sujono bersama para mahasiswa, sukses melahirkan motor listrik dengan tampilan sport bike yang diberi nama BLSEV01 atau kepanjangan dari Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01,

Sport bike listrik ini merupakan kerja sama FT UBL dengan LIPI dan builder kenamaan Indonesia dari Katros Garage. Keberhasilan ini mendapat dukungan pihak Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, sehingga menghasilkan beberapa motor listrik turunannya.

"Program kendaraan listrik prodi Teknik Elektro Budi Luhur, sangat sesuai dengan perkembangan jaman saat ini, di mana masyarakat dan pemerintah tengah giat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik, sebagai alat transportasi ramah lingkungan,” lanjut Peby.

Baca juga: Melihat Sederet Motor Listrik Keluaran Baru di Asia Bike 2024

Dia berharap masyarakat terutama dosen dan mahasiswa yang ingin mengetahui seputar inovasi kendaraan listrik yang dihasilkan tim kendaraan listrik UBL, bisa mendatangi area pameran di Hall B1 JIEXPO Kemayoran Jakarta.

"Kami siap memberikan banyak informasi seputar hasil riset kendaraan listrik Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Budi Luhur,” tutup Peby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com