Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Indonesia Dinilai Paling Banyak Dapat Dukungan Guru, Ini Alasannya

Kompas.com - 04/02/2024, 18:50 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia disebut menjadi salah satu negara yang muridnya mendapatkan banyak perhatian dari gurunya di sekolah.

Hal itu dikatakan oleh Director for the Directorate of Education and Skill Organization OECD, Andreas Schleicher dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Kamis (1/2/2024).

"Murid-murid Indonesia dilaporkan mendapatkan salah satu level dukungan tertinggi dari para guru," kata Andreas.

 Baca juga: Kompetensi Guru Berpengaruh pada Prestasi Belajar Siswa

Menurut Andreas, murid di Indonesia merasa sangat dipahami, diperhatikan para guru bahkan ketika sekolah akhirnya ditutup sementara.

Para guru, lanjut Andreas, juga memiliki peranan meningkatkan kemampuan anak dalam proses belajar selama pandemi Covid-19.

"Saya pikir itu sangat bagus karena hanya sedikit negara yang memiliki level dukungan tertinggi dari para guru," ujarnya.

Selain itu, Indonesia berada di posisi keempat negara dengan jumlah murid tertangguh di antara negara yang tergabung dalam OECD.

Menurut Andreas, Indonesia bisa berada di posisi tersebut karena nilai Programme for International Student Assessment (PISA) yang cukup baik untuk tahun 2022.

"Yang paling mengejutkan saya adalah Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah murid tangguh tertinggi," ucap Andreas.

Baca juga: Beasiswa bagi Guru ke Jepang 2023, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

Andreas mengatakan, murid-murid di Indonesia mayoritas berasal dari keluarga-keluarga yang kurang beruntung, namun ternyata masih menunjukkan kemampuan pendidikan yang sangat bagus meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Hal ini, lanjut Andreas, juga dipengaruhi oleh para guru di Indonesia yang banyak memberikan dukungan untuk para murid ketika pandemi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com